BeritaHeadlineNewsSosialTrending

Karya Bakti TNI AL di Raja Ampat: Mewujudkan Kesejahteraan dan Kebahagiaan

73
×

Karya Bakti TNI AL di Raja Ampat: Mewujudkan Kesejahteraan dan Kebahagiaan

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Raja Ampat – Dalam rangka mewujudkan kesejahteraan dan berbagi kebahagiaan dengan masyarakat di Timur Indonesia, Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah bersama Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal, Ny. Ayu Nur Alamsyah, menghadiri kegiatan Karya Bakti TNI Angkatan Laut (TNI AL) di Distrik Kota Waisai, Raja Ampat. Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali. Rabu, (7/8).

Bertempat di Pantai Waisai Torang Cinta (WTC), Dankodiklatal mendampingi Kasal meninjau kegiatan bakti kesehatan yang memberikan pelayanan pengobatan gratis bagi masyarakat, dengan target sebanyak 200 orang. Selain itu, sebagai bentuk kepedulian TNI AL terhadap warga sekitar, dilaksanakan pula kegiatan bakti sosial berupa pembagian 400 paket sembako.

TNI AL, melalui Lantamal XIV Sorong, juga memberikan penyuluhan hukum laut dan kesehatan kepada 100 masyarakat nelayan setempat. Tujuan penyuluhan ini adalah untuk memberikan pemahaman penting mengenai hukum di laut dan bagaimana menjaga kesehatan bagi para nelayan.

Selain meninjau langsung pelaksanaan karya bakti, rombongan juga menyempatkan diri untuk mengunjungi Stand UMKM kerajinan etnik Papua dan produksi makanan ringan yang menjadi binaan Primkopal Lantamal XIV Sorong. Kunjungan ini bertujuan memberikan dukungan nyata terhadap perkembangan UMKM lokal dan melihat hasil kerja para pelaku usaha secara langsung.

Baca Juga  Cawabup Dimas Kunjungi Pasar Manis Karangmoncol Purbalingga, Serap Aspirasi dan Dekatkan Diri dengan Warga

Rangkaian acara dilanjutkan dengan sesi makan siang bersama yang bergizi melalui program “Gemar Makan Ikan” bersama 1000 pelajar dan masyarakat Papua. Dalam kesempatan tersebut, Siswa Satdik-3 Kodiklatal turut berpartisipasi dengan menampilkan bela diri karate dan jalaraga, sebuah olahraga yang mengutamakan kekuatan tangan. Selain itu, tim Pasukan Elit TNI AL, yakni Intai Amfibi (Taifib) Marinir dan Komando Pasukan Katak (Kopaska), melakukan demonstrasi ketangkasan militer hingga aksi terjun payung yang menegangkan.

TNI AL juga melaksanakan kegiatan Keramba Apung Jaring Ikan Kerapu di Pulau Biantsi, Distrik Waigeo Barat, Kepulauan Raja Ampat. Budidaya perikanan keramba jaring apung ini dibina oleh Lantamal XIV Sorong dan tersebar di 12 tempat di Kepulauan Raja Ampat. Upaya ini merupakan bagian dari dukungan TNI AL terhadap ketahanan pangan nasional guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan peningkatan persediaan pangan.

Baca Juga  Kepadatan Mudik di Suramadu Memasuki Iduladha 1445 H

Kegiatan ini merupakan bukti nyata dari kepedulian dan sinergitas antara TNI AL dan masyarakat setempat, diharapkan program-program karya bakti tersebut dapat berlanjut ke depannya sebagai wujud nyata pengabdian TNI AL kepada bangsa dan negara.

Follow Official WhatsApp Channel KN Official untuk mendapatkan artikel-artikel terkini, Klik Di sini.

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari Kabarngetren.com di Google News.