BeritaHeadlineNewsTrending

Patroli Satgas Pamtas Yonzipur 5/ABW di Kalbar Perketat Pengawasan Jalur Tikus

39
×

Patroli Satgas Pamtas Yonzipur 5/ABW di Kalbar Perketat Pengawasan Jalur Tikus

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Kalbar – Dalam upaya mencegah penyelundupan barang ilegal dan menghalau masuknya imigran ilegal, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonzipur 5/ABW Pos Mentari terus memperketat pengawasan di wilayah perbatasan. Patroli intensif dilakukan di jalur-jalur kecil yang sering disebut sebagai “jalan tikus”, yang sering digunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab untuk memasuki wilayah Indonesia dari Malaysia. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jum’at, (9/8).

Dipimpin oleh Sertu I Made Oko bersama dua orang anggotanya, patroli ini menyasar sektor-sektor yang dicurigai menjadi titik keluar masuknya imigran ilegal dan barang-barang terlarang. Dalam patroli tersebut, para personel juga melakukan pemeriksaan identitas dan barang bawaan masyarakat yang melintas di jalur-jalur tikus perbatasan, memastikan tidak ada barang ilegal atau individu yang mencurigakan yang melewati wilayah ini.

Pasi Intel Satgas, Lettu Czi Adimas Rahman Nuresa, S.Tr.Han, menjelaskan bahwa upaya ini merupakan langkah pencegahan yang sangat penting. “Upaya ini dilakukan untuk mencegah adanya pihak atau kelompok yang ingin melakukan tindakan melanggar hukum, seperti penyelundupan senjata api, narkoba, dan barang ilegal lainnya yang dapat mengancam keamanan wilayah,” ucapnya. Kegiatan patroli ini juga melibatkan kerjasama erat dengan instansi pemerintahan setempat dan pihak imigrasi, guna memastikan setiap kegiatan berjalan sesuai prosedur dan tujuan utama.

Baca Juga  TNI Peduli Pendidikan di Kampung Bilogai Intan Jaya

Patroli keamanan ini adalah bagian dari tugas pokok Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonzipur 5/ABW, yang dilakukan secara rutin oleh seluruh pos yang tersebar di sepanjang garis perbatasan Indonesia-Malaysia. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk menegakkan hukum, tetapi juga untuk menciptakan kondisi perbatasan yang aman dan damai, bebas dari ancaman dan aktivitas ilegal.

“Harapannya, dengan dilakukannya patroli keamanan ini, kami dapat mencegah terjadinya hal-hal yang dapat menimbulkan ancaman dari kelompok tertentu, sehingga dapat tercipta kondisi perbatasan yang aman dan damai,” tutup Pasi Intel Satgas.

Baca Juga  Diduga Adanya Pembiaran Terhadap Bangunan Liar Di Stadion Maulana Yusuf, Ada Apa Dengan Pemerintah Kota Serang

Kehadiran patroli ini memberikan rasa aman bagi masyarakat di wilayah perbatasan, sekaligus menjadi peringatan bagi pihak-pihak yang berusaha melanggar hukum bahwa perbatasan Indonesia tidak akan menjadi tempat yang mudah untuk melakukan aktivitas ilegal. Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonzipur 5/ABW terus berkomitmen menjaga kedaulatan wilayah negara dengan mengintensifkan pengawasan dan patroli di setiap sudut perbatasan.

Follow Official WhatsApp Channel KN Official untuk mendapatkan artikel-artikel terkini, Klik Di sini.

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari Kabarngetren.com di Google News.