BeritaEdukаѕі

Waspada! Ini Tanda Ada Sarang Ular di Rumah Kamu

53
×

Waspada! Ini Tanda Ada Sarang Ular di Rumah Kamu

Sebarkan artikel ini
Waspada! Ini Tanda Ada Sarang Ular di Rumah Kamu

Khawatir ada ular berkeliaran di rumah? Tenang, kamu nggak sendirian! Kehadiran ular di rumah pasti bikin merinding.

Hewan reptil ini bisa menyerang siapa saja, termasuk manusia. Beberapa spesiesnya bahkan punya racun yang mematikan, lho!

Bagi kamu yang tinggal dekat semak-semak, sungai, atau hutan, lebih baik waspada. Apalagi menjelang musim hujan, ular-ular ini bisa tiba-tiba muncul dan nyelonong ke area pemukiman.

Nah, berikut ini adalah tanda-tanda ada sarang ular di rumah yang perlu kamu perhatikan:

1. Kulit Ular Tercecer

Salah satu tanda paling jelas bahwa ular ada di sekitar adalah kulit ular yang rontok. Rata-rata, ular berganti kulit sekitar empat kali dalam setahun. Tapi, beberapa spesies bisa sampai 10-12 kali, loh! Kalau kamu melihat kulit ular di sekitar, bisa jadi mereka ada di rumah.

Baca Juga  Kunjungan Silaturahmi Pangdam VI/Mulawarman ke Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura

2. Kotoran Ular

Meski menjijikan, kotoran ular juga bisa jadi petunjuk. Bentuknya mirip kotoran burung, tetapi biasanya ada sedikit tulang atau bulu kecil di dalamnya. Ini bisa jadi tanda kuat bahwa ular sedang beraktivitas di tempat kamu.

3. Suara Kodok Berteriak

Dengar suara kodok di malam hari? Hal ini mungkin biasa. Tapi, kodok merupakan santapan lezat bagi banyak ular. Kalau kamu mendengar suara kodok berteriak-teriak, bisa jadi ada ular di dekat situ.

Baca Juga  Polres Tegal Kota Berhasil Ungkap 8 Kasus Narkoba

4. Jejak Ular

Ular bergerak dengan cara merayap, jadi mereka meninggalkan jejak di tanah. Dari gerakannya, kita bisa mengenali jenis ular. Menurut Tom’s Guide, ada empat jenis gerakan ular: konsertina, gerakan bergelombang lateral, gerakan lurus, dan gerakan mendorong. Perhatikan jejaknya, ya!

5. Bau Menyengat

Ular biasanya tidak berbau, tetapi beberapa spesies bisa mengeluarkan aroma tertentu. Misalnya, ular tikus bisa memproduksi bau yang menyengat, terutama di sarangnya. Kalau kamu mencium bau aneh, jangan anggap remeh!

6. Lubang-Lubang Kecil

Ular tidak menggali lubang, jadi mereka lebih suka bersembunyi di tempat gelap, bebatuan, atau semak-semak. Namun, mereka bisa menghuni lubang yang sudah ada sebelumnya, seperti lubang tikus. Lubang ini biasanya berbentuk lingkaran dengan kedalaman bervariasi.

Baca Juga  Dirjen Dukcapil Tinjau Kelurahan Di DKI Jakarta dan Serahkan KTP-el Pemilih Pemula

7. Jarang Ada Tikus

Kalau di rumah kamu jarang ada tikus, waspada! Seringkali, kehadiran tikus menandakan bahwa rumah kamu aman dari ular, karena ular menjadikan tikus sebagai makanan utama.

Ketiadaan hewan pengerat bisa jadi tanda bahwa ular sedang berkeliaran, karena mereka mungkin sudah dilahap oleh sang reptil.


Dengan mengenali tanda-tanda di atas, kamu bisa lebih waspada dan menjaga keamanan rumah. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati!

Follow Official WhatsApp Channel KN Official untuk mendapatkan artikel-artikel terkini, Klik Di sini.

Yuk! baca artikel menarik lainnya di Google News.