BeritaHeadlineNewsTrending

TNI AL Luncurkan Kapal Patroli PC 60 Meter untuk Penguatan Kekuatan Maritim

72
×

TNI AL Luncurkan Kapal Patroli PC 60 Meter untuk Penguatan Kekuatan Maritim

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Serang Banten — Dalam upaya untuk memperkuat kekuatan maritim Indonesia menuju visi TNI Angkatan Laut 2045 yang modern dan berdaya saing global, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali memimpin acara Shipnaming dan Launching dua Unit Kapal PC 60 Meter di galangan kapal PT. Caputra Mitra Sejati, Banten, pada Jumat (12/07/2024).

Kasal mengungkapkan bahwa kehadiran dua kapal patroli ini, KRI Hampala-880 dan KRI Lumba-Lumba-881, merupakan langkah nyata dalam memperkuat kemampuan TNI AL dalam menjaga keamanan laut di wilayah Indonesia yang luas. Dengan luasnya perairan Indonesia yang kaya sumber daya alam, juga datang tantangan besar dari ancaman maritim yang terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan persaingan global.

“Kapal-kapal patroli ini tidak hanya akan meningkatkan kesiapan TNI AL dalam mengatasi eskalasi kejahatan di laut, tetapi juga mendukung peningkatan penggunaan produk dalam negeri serta mengurangi ketergantungan pada impor. Hal ini sejalan dengan komitmen kami dalam mendukung pemerintah untuk memajukan ekonomi nasional,” ujar Kasal.

Kapal PC 60 Meter, yang dibangun di Banten oleh PT. Caputra Mitra Sejati, memiliki spesifikasi teknis yang mengesankan, dengan panjang 61,20 meter, lebar 8,50 meter, dan dilengkapi dengan senjata utama berupa meriam kaliber 40 mm Marlin Ilos dan mitraliur kaliber 12,7 mm Pindad. Kapal ini mampu mencapai kecepatan maksimum 24 knots dan siap beroperasi dalam berbagai kondisi cuaca dan medan.

Pembangunan kapal-kapal patroli ini juga merupakan langkah strategis TNI AL dalam memperkuat Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) dan meningkatkan peran Indonesia dalam rantai suplai global, sambil mempertahankan kemandirian dalam pemenuhan kebutuhan pertahanan nasional.

Tentang PT. Caputra Mitra Sejati. 

PT. Caputra Mitra Sejati, perusahaan galangan kapal yang terletak di Banten, telah berperan penting dalam mendukung pembangunan kemampuan pertahanan Indonesia dengan menghasilkan kapal-kapal patroli modern yang memenuhi standar internasional.

Follow Official WhatsApp Channel KN Official untuk mendapatkan artikel-artikel terkini, Klik Di sini.

Yuk! baca artikel menarik lainnya dari Kabarngetren.com di Google News.