Scroll untuk baca artikel
BeritaNewsTrending

Fasilitas OSS dan Layanan FT Meningkatkan Kepuasan Calon Jemaah Haji Purbalingga

22
×

Fasilitas OSS dan Layanan FT Meningkatkan Kepuasan Calon Jemaah Haji Purbalingga

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Solo – Wakil Bupati Purbalingga, Sudono, memberikan apresiasi terhadap fasilitas one stop service (OSS) dan layanan fast track yang kini tersedia di Embarkasi Solo. Menurutnya, layanan ini memberikan kesempatan bagi calon jemaah haji (calhaj) Purbalingga untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan menuju Madinah dari Bandara Internasional Adi Soemarmo, Surakarta.

“Sekarang, jemaah dapat lebih cepat beristirahat setelah perjalanan dari Purbalingga,” ujar Wabup Sudono setelah menyerahkan rombongan calhaj kloter 17 Purbalingga di Asrama Haji Donohudan, Solo, pada Rabu (15/5).

Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Embarkasi Solo, Basori Alwi, menjelaskan bahwa layanan OSS yang diberlakukan bertujuan untuk memberikan layanan yang cepat, tepat, terukur, dan proposional. Paspor, gelang haji, biaya hidup, dan dokumen pendukung calhaj diserahkan kepada jemaah saat mereka tiba di Asrama Haji Donohudan.

“Semua proses dilakukan dengan cepat, sesuai Surat Edaran Dirjen PHU Nomor 1 tahun 2024 tentang Mekanisme Pemberangkatan dan Kedatangan Jemaah Haji. Tidak ada lagi seremonial seperti tahun sebelumnya, kecuali untuk kloter 1. Kami berharap jemaah dapat segera beristirahat untuk perjalanan selanjutnya,” jelasnya.

Selain layanan OSS, Embarkasi Solo juga menerapkan layanan fast track yang membantu jemaah haji melewati prosedur keimigrasian dengan singkat. Proses keimigrasian yang biasanya dilakukan di Arab Saudi, kini dapat dilakukan di Makkah Route Bandara Adi Soemarmo Surakarta.

“Dengan demikian, ketika tiba di Arab Saudi, jemaah haji tidak perlu lagi melewati pemeriksaan dokumen, melainkan langsung menuju hotel masing-masing,” tambahnya.

Sumber: tha/prokompim, editor: eFHa.