Scroll untuk baca artikel
BeritaNewsTeknologiTrending

Inovasi RVM PGN x Plasticpay untuk Mengurangi Sampah Plastik Diluncurkan di HUT ke-59 PT PGN Tbk

49
×

Inovasi RVM PGN x Plasticpay untuk Mengurangi Sampah Plastik Diluncurkan di HUT ke-59 PT PGN Tbk

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Jakarta – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-59, PT PGN Tbk, sebagai Subholding Gas Pertamina, dan Plasticpay telah meluncurkan inovasi Reverse Vending Machine (RVM) untuk membantu konsumen dalam mengurangi sampah botol plastik dari merk manapun. Melalui RVM ini, pengembalian botol air minum dalam kemasan bekas dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Senin, (13/5).

RVM PGN x Plasticpay menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mengidentifikasi berbagai bentuk botol yang dikembalikan, sebagai bagian dari upaya mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) pada tahun 2024. Rachmat Hutama, Corporate Secretary PGN, menyampaikan apresiasi atas kerjasama strategis ini yang mendukung program dekarbonisasi menuju Net Zero Emission 2060.

Perusahaan menekankan pentingnya integrasi kepedulian lingkungan dalam semua aspek operasionalnya. Dalam rangka Hari Bumi, PGN mendorong kesadaran untuk mengurangi penggunaan plastik secara berkelanjutan.

Pengembalian botol melalui RVM PGN x Plasticpay dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi Plasticpay, memasukkan botol ke mesin untuk dihitung secara otomatis, dan menyelesaikan transaksi dengan memindai QR Code menggunakan aplikasi tersebut. Konsumen akan mendapatkan Plasticpay points yang dapat ditukarkan dengan berbagai hadiah.

Imam Pesuwaryantoro, dari PT Plasticpay Teknologi Daurulang, menyampaikan apresiasi terhadap kerjasama ini dan percaya bahwa inisiatif ini akan memberikan dampak positif secara sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Seluruh botol plastik yang dikumpulkan akan didaur ulang oleh Plasticpay bersama mitra UMKM binaan, membentuk siklus ekonomi yang berkelanjutan.

Sumber: Humas PGN, editor: eFHa.