Scroll untuk baca artikel
BeritaNewsTrending

Kanwil Kemenkumham Jatim Tingkatkan Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal di Jember, Lumajang, dan Bondowoso

22
×

Kanwil Kemenkumham Jatim Tingkatkan Pencatatan Kekayaan Intelektual Komunal di Jember, Lumajang, dan Bondowoso

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Jember – Dalam upaya meningkatkan pencatatan produk Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) dari Kabupaten Jember, Lumajang, dan Bondowoso, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur mengadakan promosi dan diseminasi KIK di Hotel Royal Jember pada Rabu (15/5).

Dalam sambutannya, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Jatim, Dulyono, menekankan pentingnya melestarikan KIK sebagai warisan budaya tradisional.

“KIK merupakan identitas suatu kelompok atau masyarakat yang perlu dijaga dan dilindungi dengan sistem pelindungan hukum,” ungkap Dulyono.

Dia menjelaskan bahwa Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2022 tentang KIK memberikan dukungan signifikan terhadap pelestarian kekayaan budaya, khususnya masyarakat adat di Indonesia.

Dulyono menegaskan bahwa pelindungan KIK mencegah hilangnya identitas budaya masyarakat pemiliknya seiring dengan punahnya Pengetahuan Tradisional dan Ekspresi Budaya Tradisional. Penginventarisasian KIK dilakukan dengan mencatatnya ke database Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) untuk memberikan pengakuan resmi.

“Upaya ini tidak hanya memperkuat identitas budaya, tetapi juga memberikan kebanggaan kepada daerah dan komunitas,” tambahnya.

Dulyono menegaskan komitmen untuk mendukung pemerintah daerah dalam melestarikan tradisi, budaya, dan adat istiadat serta potensi alamnya, dengan harapan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat kreatif.

Pada acara tersebut, Dulyono menyerahkan surat pencatatan KI Komunal potensi Indikasi Geografis Ubi Jalar Madu Pasrujambe kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang sebagai wujud dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Jember, Lumajang, dan Bondowoso.

Semua pihak berharap upaya ini dapat memperkuat pencatatan KIK di daerah Bakorwil Jember. Acara tersebut dihadiri oleh Kabid Pelayanan Hukum Dr. Mustiqo Fitra, Kalapas Jember Hasan Basri, Bakorwil Jember Choirul Anwar, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang Vivin Kusuma, serta diikuti oleh 50 peserta dari dinas terkait. (Redho)