Scroll untuk baca artikel
BeritaNews

Kapolsek Cinere Sosialisasikan Keamanan dan Ketertiban di SMPN 17 Depok

32
×

Kapolsek Cinere Sosialisasikan Keamanan dan Ketertiban di SMPN 17 Depok

Sebarkan artikel ini
Sumber foto: Instagram/@humas_polsekcinere

Depok – Dalam upaya meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Polsek Cinere melalui Kapolsek Cinere Kompol Jun Nurhaida T SH, melakukan kunjungan ke SMPN 17 Depok.

Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan arahan kepada para guru dan staf sekolah mengenai pentingnya pendekatan yang lembut dalam proses belajar mengajar dan kewaspadaan terhadap potensi kekerasan di lingkungan sekolah.

Dalam unggahan di akun Instagram resmi @humas_polsekcinere, terlihat Kompol Jun Nurhaida berbincang dengan para guru dan staf sekolah.

Beliau menekankan pentingnya peran guru dalam mendidik murid dengan penuh kasih sayang dan kesabaran.

Menurutnya, pendekatan yang lembut dan penuh perhatian akan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan positif bagi perkembangan siswa.

Pentingnya Pendekatan Lembut dalam Pendidikan

Kapolsek Cinere, Kompol Jun Nurhaida, menegaskan bahwa tindakan fisik terhadap siswa yang melakukan kesalahan bukanlah solusi yang tepat.

Sebaliknya, pendekatan yang lembut dan penuh pengertian akan lebih efektif dalam mendidik dan membentuk karakter siswa.

Beliau menyampaikan bahwa para guru harus selalu mengingat bahwa mereka adalah teladan bagi murid-muridnya.

“Sabar dan penuh kasih sayang adalah kunci utama dalam mendidik anak-anak kita. Mereka butuh bimbingan yang baik dan pendekatan yang humanis agar bisa tumbuh menjadi pribadi yang baik dan berprestasi,” ujar Kompol Jun Nurhaida.

Antisipasi Kekerasan dan Bullying di Sekolah

Selain itu, Kompol Jun Nurhaida juga mengingatkan para guru untuk selalu memantau aktivitas siswa guna mencegah terjadinya kekerasan atau bullying antar murid.

Menurutnya, bullying adalah masalah serius yang dapat merusak mental dan emosional siswa.

Oleh karena itu, pengawasan yang ketat dan perhatian ekstra dari pihak sekolah sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman.

“Bullying tidak boleh dianggap remeh. Kita harus bersama-sama mencegah dan menangani masalah ini dengan serius. Siswa harus merasa aman dan nyaman di sekolah agar mereka bisa belajar dengan baik,” tambahnya.

Kewaspadaan Terhadap Kegiatan Studi Tour

Kapolsek juga menyinggung mengenai kegiatan studi tour yang sering dilakukan oleh sekolah-sekolah dalam rangka merayakan kelulusan siswa.

Beliau mengingatkan bahwa kegiatan ini harus direncanakan dengan baik dan hati-hati agar tidak membahayakan keselamatan siswa.

“Dalam beberapa waktu terakhir, kita mendengar banyak berita tentang kecelakaan yang terjadi saat studi tour. Sekolah harus lebih waspada dan memastikan semua persiapan dilakukan dengan matang agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” tegas Kompol Jun Nurhaida.

Respons Positif dari Para Guru

Hasil dari kegiatan sosialisasi ini menunjukkan respons positif dari para guru di SMPN 17 Depok. Mereka menyatakan bahwa arahan yang diberikan oleh pihak kepolisian sangat bermanfaat dan akan diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar sehari-hari. Para guru juga mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian yang ditunjukkan oleh Polsek Cinere.

Kunjungan Kapolsek Cinere Kompol Jun Nurhaida ke SMPN 17 Depok merupakan langkah positif dalam meningkatkan Kamtibmas di lingkungan sekolah.

Dengan pendekatan yang lembut dalam mendidik, serta kewaspadaan terhadap kekerasan dan kegiatan studi tour, diharapkan sekolah dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi siswa untuk belajar dan berkembang.

Melalui sosialisasi seperti ini, diharapkan hubungan antara pihak kepolisian dan lembaga pendidikan dapat terjalin dengan baik, sehingga tercipta sinergi dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.

Ke depan, kegiatan seperti ini perlu terus dilakukan agar kesadaran akan pentingnya Kamtibmas semakin meningkat di kalangan masyarakat, khususnya di lingkungan sekolah.

Sumber: Instagram @humas_polsekcinere

Editor: Darmaji Nss