Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadlineNewsTrending

Kaskoopsud I Marsma TNI Daan Sulfi Hadiri Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 Medan

31
×

Kaskoopsud I Marsma TNI Daan Sulfi Hadiri Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 Medan

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Medan – Kaskoopsud I Marsma TNI Daan Sulfi, S.Sos., M.Si., M.Han., menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di wilayah Sumatera. Rakor yang diadakan di Regale International Convention Center (RICC), Medan, Sumatera Utara pada Selasa, (9/7), ini dihadiri oleh 760 peserta secara langsung dan 650 peserta secara virtual.

Sebagai keynote speaker, Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P., memberikan arahan kepada seluruh peserta guna menyukseskan Pilkada Serentak 2024. Ia menekankan pentingnya sinergi antara pemangku kebijakan terkait serta pemahaman yang jelas mengenai peran dan fungsi masing-masing instansi dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

“Kegiatan ini untuk mengetahui kesiapan Pilkada Serentak 2024 di sejumlah daerah, termasuk Sumatera,” ujar Menko Polhukam saat membuka rakor.

Hadi juga menekankan bahwa kesuksesan Pilkada akan lebih mudah terwujud jika semua pemangku kebijakan mampu menjalankan fungsi dan perannya serta meningkatkan koordinasi antar lembaga.

“Karena kesuksesan pesta demokrasi akan mudah terwujud jika antar pemangku kebijakan terkait dapat menjalankan fungsi dan perannya serta meningkatkan koordinasi antara lembaga, untuk dapat menyukseskan Pilkada Serentak 2024. Kita harus mampu menetapkan peran kita masing-masing sesuai tugas fungsi baik dari kementerian, lembaga, instansi melalui sinergitas,” tegas Menko Polhukam.

Lebih lanjut, Menko Polhukam menyampaikan bahwa seluruh elemen harus bersama-sama menjaga stabilitas di bidang politik, hukum, dan keamanan yang kondusif dan terkendali.

“Diperlukan peran dari seluruh elemen untuk ikut menjaga stabilitas di bidang politik, hukum, dan keamanan sehingga dapat menciptakan pesta demokrasi yang kondusif dan terkendali,” ujarnya.

Menutup amanatnya, Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto berpesan agar peserta rakor memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk saling bertukar informasi terkait berbagai permasalahan yang dihadapi serta menerapkan solusi penyelesaiannya.

“Sehingga rapat koordinasi ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta dalam mempersiapkan Pilkada Serentak Tahun 2024,” tutup Menko Polhukam.

Sebelum rakor untuk wilayah Sumatera ini, juga telah diselenggarakan rakor serupa untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan wilayah lainnya.

Rakor ini juga dihadiri oleh Mendagri, Plt. Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, Pj. Gubernur Sumatera Utara beserta para gubernur, serta Pj. Wali Kota dan Bupati wilayah Sumatera. Hadir pula Pangkogabwilhan I, Kepala BSSN, jajaran Pejabat Utama TNI dan Polri, serta penyelenggara pemilu wilayah Sumatera.

Baca Juga  Aksi Bentrok Carok dalam Acara Orkes di Bangkalan Madura