Scroll untuk baca artikel
BeritaNewsTrending

Ketua MPR RI Bamsoet: PERIKSHA Siap Bentuk DPD di Jabar dan Jatim Guna Edukasi Pemilik Senjata Api Beladiri

16
×

Ketua MPR RI Bamsoet: PERIKSHA Siap Bentuk DPD di Jabar dan Jatim Guna Edukasi Pemilik Senjata Api Beladiri

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Jakarta – Ketua MPR RI dan Ketua Umum PERIKSHA, Bambang Soesatyo, mengungkapkan bahwa DPP PERIKSHA tengah menginisiasi pembentukan DPD PERIKSHA di Jawa Barat dan Jawa Timur. Selasa malam, (14/5). Langkah ini diambil untuk memberikan wadah serta edukasi kepada para pemilik izin khusus senjata api beladiri di Indonesia.

Diperkirakan ada sekitar 27 ribu pemilik izin khusus senjata api beladiri di Indonesia, namun hanya sekitar 500 orang yang terdaftar di PERIKSHA saat ini. Dengan keberadaan DPD PERIKSHA di setiap provinsi, diharapkan keterampilan dan tanggung jawab pemilik senjata api beladiri dapat ditingkatkan melalui kegiatan pembinaan.

Bamsoet menegaskan bahwa kepemilikan senjata api beladiri haruslah dilakukan secara bertanggung jawab, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hal ini tidak untuk keperluan pamer kekuatan, melainkan hanya untuk bela diri guna melindungi diri dari ancaman yang membahayakan.

Indonesia memiliki regulasi yang ketat terkait kepemilikan senjata api beladiri, diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2015 (Perkap 18/2015). Hanya beberapa profesi yang dapat mengajukan izin memiliki senjata api, seperti pemilik perusahaan, anggota Polri/TNI, dan profesi lain yang mendapatkan izin dari instansi berwenang.

Berdasarkan Perkap 18/2015, masyarakat sipil hanya diizinkan memiliki tiga jenis senjata api: peluru tajam, peluru karet, dan peluru gas, dengan batasan tertentu sesuai dengan kaliber senjata. Hal ini untuk memastikan bahwa kepemilikan senjata api dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Sumber: * , editor: eFHa.