Scroll untuk baca artikel
BeritaKesehatan

Khasiat Air Rebusan Daun Kemangi bagi Tubuh: Atasi Bau Badan hingga Cegah Penyakit Jantung

19
×

Khasiat Air Rebusan Daun Kemangi bagi Tubuh: Atasi Bau Badan hingga Cegah Penyakit Jantung

Sebarkan artikel ini
Gambar oleh tookapic dari Pixabay

Dhanesanews – Daun kemangi dikenal luas sebagai salah satu bahan alami yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi daun kemangi juga dapat diolah menjadi air rebusan yang bermanfaat untuk berbagai keperluan kesehatan, termasuk mengatasi bau badan dan mencegah penyakit jantung. Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Mengatasi Masalah Bau Badan

Air rebusan daun kemangi dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi masalah bau badan yang membandel. Daun kemangi mengandung senyawa antibakteri yang efektif membunuh bakteri penyebab bau badan.

Caranya, rebus segenggam daun kemangi dalam satu liter air hingga mendidih. Saring air rebusan tersebut dan gunakan sebagai bilasan setelah mandi. Bau badan yang tidak sedap dapat teratasi dengan rutin menggunakan air rebusan daun kemangi ini.

2. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan eugenol dalam daun kemangi memiliki efek antiradang dan antijamur, yang dapat membantu melindungi lambung dan mencegah gangguan pencernaan.

Minum air rebusan daun kemangi secara teratur dapat membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan seperti perut kembung, mulas, atau sembelit.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa daun kemangi dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Daun kemangi mengandung senyawa seperti beta-karoten, magnesium, dan kalium yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan menjaga fungsi jantung yang sehat. Konsumsi air rebusan daun kemangi secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam daun kemangi membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas, yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Air rebusan daun kemangi dapat diminum atau digunakan sebagai toner alami untuk membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun kemangi mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C dan A, yang dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum air rebusan daun kemangi secara teratur dapat membantu tubuh lebih kuat melawan infeksi dan penyakit.

Cara Membuat Air Rebusan Daun Kemangi:

  • Siapkan segenggam daun kemangi segar.
  • Cuci bersih daun kemangi di bawah air mengalir.
  • Rebus daun kemangi dalam satu liter air hingga mendidih.
  • Biarkan air rebusan tersebut dingin, kemudian saring.
  • Air rebusan daun kemangi siap untuk diminum atau digunakan untuk perawatan kulit.

Dengan begitu banyak manfaatnya, air rebusan daun kemangi adalah minuman sehat yang layak untuk dikonsumsi secara teratur. Tambahkan daun kemangi dalam pola makan Anda atau gunakan sebagai minuman sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit Anda.

Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter jika memiliki kondisi kesehatan tertentu sebelum mengonsumsi secara teratur.