Scroll untuk baca artikel
News

Operasi Patuh Candi 2023: Kapolda Jateng Tekan Fatalitas Jalan Raya

17
×

Operasi Patuh Candi 2023: Kapolda Jateng Tekan Fatalitas Jalan Raya

Sebarkan artikel ini

Operasi Patuh Candi 2023: Tekan Fatalitas Jalan Raya

Kabar Ngetren/Semarang – Direktur Lalu Lintas Polda Jateng, Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi 2023 di halaman Mapolda Jateng, Semarang, pada Senin (10/7/2023). 
Operasi ini bertujuan meningkatkan kepatuhan pengguna kendaraan dalam berlalu lintas dan menurunkan angka fatalitas korban kecelakaan di jalan raya.

Dirlantas Polda Jateng menjelaskan bahwa angka korban kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah mencapai rata-rata 90 orang meninggal dunia setiap bulan, dengan 5 hingga 6 kematian per hari. 
Untuk mengatasi masalah ini, Operasi Patuh Candi fokus pada penegakan hukum dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), terutama pada pelanggaran marka jalan, lampu lalu lintas, penggunaan ponsel saat mengemudi, arus lalu lintas, batas kecepatan di jalan tol, dan ketidakpatuhan pengendara terhadap penggunaan helm SNI.
Baca Juga  MK Tоlаk Gugatan STNK Seumur Hidup
Operasi ini dilaksanakan di seluruh wilayah Jateng dan melibatkan 35 polres jajaran, termasuk jalan tol, jalan nasional, jalur pantai utara, jalur pantai selatan, serta jalan di perkotaan dan pedesaan.

Dirlantas berharap operasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan berlalu lintas dan menekan angka pelanggaran.

Selain itu, penegakan hukum yang dilakukan juga akan disertai dengan pendekatan edukatif dan tidak akan ada razia stasioner.

Apel gelar pasukan Operasi Patuh Candi di Polda Jateng ini dihadiri oleh berbagai instansi, termasuk TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP. (SNT)
Kabar Ngetren