Scroll untuk baca artikel
BeritaTeknologi

Penipuan Berkedok Lelang: Tips dari Divisi Humas Polri

56
×

Penipuan Berkedok Lelang: Tips dari Divisi Humas Polri

Sebarkan artikel ini
Sumber gambar Instagram/@divisihumaspolri

Jakarta – Penipuan dengan modus berkedok lelang masih menjadi ancaman yang serius.

Melalui akun Instagram resminya (@divisihumaspolri), Polri memberikan peringatan kepada masyarakat tentang risiko penipuan ini.

Bagaimana caranya untuk menghindari jebakan penipuan berkedok lelang? Simak tips berikut!

1. Mengetahui Sumber Informasi Lelang

Pastikan untuk selalu memverifikasi akun atau situs yang menyelenggarakan lelang. Hindari informasi dari akun yang tidak jelas keabsahannya. Akun resmi lelang biasanya terverifikasi dan memiliki reputasi yang terpercaya.

2. Berdhati-hati dengan Harga Murah**

Jika penawaran terlihat terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin itu memang tidak benar. Penipu sering menggunakan harga rendah untuk menarik calon pembeli. Sebaiknya bandingkan harga dengan lelang serupa dari sumber yang terpercaya.

3. Periksa Nama Rekening

Sebelum melakukan transaksi, pastikan untuk memeriksa nama rekening tujuan. Hindari melakukan pembayaran ke rekening yang tidak terkait dengan lembaga atau perusahaan yang mengadakan lelang.

4. Pahami Proses Lelang

Mengetahui prosedur lelang secara detail akan membantu mengidentifikasi apakah informasi yang diberikan konsisten dengan aturan lelang yang sebenarnya. Jika ada ketidaksesuaian atau kesalahan prosedur, waspadalah.

5. Teliti Barang yang Dilelang

Sebelum memutuskan untuk mengikuti lelang, pastikan untuk teliti terhadap barang yang akan dibeli. Periksa keaslian dan kondisi barang sebelum melakukan tawaran.

Penipuan online dapat merugikan dan merusak kepercayaan publik terhadap sistem lelang.

Dengan memahami langkah-langkah pencegahan di atas, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari jebakan penipuan berkedok lelang yang merugikan.

Terus waspada dan selalu verifikasi informasi sebelum melakukan transaksi online.

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada dan terhindar dari penipuan berkedok lelang yang merugikan.

Jangan jadi korban! Lengkapi pengetahuan dan berbagi informasi ini kepada keluarga dan teman-teman agar lebih waspada dan terlindungi.