Scroll untuk baca artikel
BeritaKorupsiNewsTrending

Pergerakan Mahasiswa Cinta Indonesia (PMCI): Mendesak KPK dan Mentan Segera Tetapkan Tersangka Dirjen Kementan

114
×

Pergerakan Mahasiswa Cinta Indonesia (PMCI): Mendesak KPK dan Mentan Segera Tetapkan Tersangka Dirjen Kementan

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Jakarta – Beberapa hari ini di internet memberitakan sidang mantan kementrian pertanian yakni SYL yang diduga telah melakukan lelang jabatan, menerima gratifikasi sampai kepada penyalahgunaan jabatan yang dipimpinnya dahulu yang menyebabkan kerugian uang negara puluhan milyar rupiah.

Hal ini mengundang seluruh perhatian publik yang sangat mencintai negara ini, salah satunya rahman mengungkapkan, rata-rata kemiskinan atau ketimpangan dalam penggunaan anggaran negara banyak dilakukan oleh para menteri, ditjen-ditjen sebagai pejabat yang mempunyai kewenangan.

“Korupsi yang berada di Kementerian pertanian sangat mencoreng periode pimpinan presiden Republik masa ini karena disebabkan oleh tertangkapnya menteri pertanian, yakni SYL dan para pejabat yang tersandung korupsi lainnya yang diduga melakukan tindakan yang merugikan uang negara,” Ujar Rahman. Pada Minggu. (12/5)

Selain itu, rahman menilai dengan ditetapkan hanya mantan menteri pertanian dan beberapa orang dekatnya itu belum maksimal. Hal ini disebabkan harusnya para dirjen yang memberi atau yang mengumpulkan uang untuk SYL itu harus ditetapkan tersangka serta di copot dari jabatannya.

Menurutnya, kasus dugaan jual beli jabatan dan dana gratifikasi oleh mantan Kementan (SYL) dan orang dekatnya yang disidangkan oleh KPK itu kurang adil sebab dari pengakuan dalam pemeriksaan terhadap para direktur jenderal kementerian pertanian lainnya jelas telah melanggar beberapa aturan. Yakni, Undang-undang nomor 31 tahun 1999 jo Undang-undang nomor 20 tahun 2001, KUHP (Undang-undang nomor 1 tahun 2023), KUHP pasal 55, KUHP pasal 56, dan lain-lainnya.

Dari beberapa aturan -aturan tersebut jelas atas kasus dugaan korupsi dan penyalahgunaan jabatan sehingga merugikan keuangan negara puluhan milyar, maka sudah sepatutnya KPK menetapkan status tersangka para dirjen-dirjen di kementerian pertanian dan menteri pertanian yang baru segera mencopot para oknum tersebut agar tidak merugikan keuangan negara kembali demi keadilan penegakan konstitusi negara.

Dalam mewujudkan cita-cita yang digaungkan oleh Presiden jokowi, yakni menjemput Indonesia yang gemilang atau Indonesia emas. Pada zaman inilah jokowi menginginkan indonesia masyarakat yang sejahtera dan Indonesia yang bisa menjadi negara yang mempunyai daya saing dengan negara lain.

Oleh karena itu, Rahman dan kawan-kawan PMCI akan melakukan aksi beberapa hari kedepan sampai ditetapkan dirjen-dirjen Kementan sebagai tersangka dan dicopot dari jabatannya agar terwujudnya nawacita Presiden kita, Bapak. Ir. Joko widodo.

Sumber: Abdul, editor: eFHa.