Scroll untuk baca artikel
BeritaNewsTrending

Peringatan HUT Ke-207 Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura di Maybrat: Menghidupkan Semangat Nasionalisme dan Persatuan

13
×

Peringatan HUT Ke-207 Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura di Maybrat: Menghidupkan Semangat Nasionalisme dan Persatuan

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Maybrat – Komandan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Wilayah (Dansatgas Pamtaswil) Yonif 623/BWU Letkol Inf Dimas Yamma Putra, diwakili oleh Pasi Intel Lettu Inf Gema Pratama Waroka, menghadiri Peringatan HUT Ke-207 Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura. Acara ini berlangsung di Gedung Samusiret, Pemda Maybrat, Jl. Susumuk – Kumurkek, Kampung Faitmayaf, Distrik Aifat, Maybrat, Papua Barat Daya, Kamis (16/5).

Acara peringatan diawali dengan penyambutan obor yang diiringi tarian daerah Maluku dan pemberian cinderamata. Penyalaan obor dilakukan oleh Penjabat (Pj.) Bupati Kabupaten Maybrat Dr. Bernard E. Rondonuwu S.Sos, M.Si, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan pembacaan sejarah perjuangan Kapitan Pattimura.

Mengusung tema “Merajut Hubungan Pela Gadong” dengan motto “Potong di Kuku Rasa di Daging”, peringatan ini bertujuan untuk mengenang perjuangan Kapitan Pattimura melawan penjajah Belanda 207 tahun yang lalu.

Dalam sambutannya, Penasehat IKIM Kabupaten Maybrat, Agustinus Saa, menekankan pentingnya membangkitkan rasa nasionalisme, meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, serta memupuk persaudaraan yang harmonis dengan semangat “Ale Rasa Beta Rasa”.

Turut hadir dalam acara ini adalah Pj. Bupati Kabupaten Maybrat Dr. Bernard E. Rondonuwu S.Sos, M.Si., Pj. Sekda Kabupaten Maybrat Ferdinandus Taa, S.H., M.Si., Penasehat IKIM Kabupaten Maybrat Agustinus Saa, Ketua Koordinator IKIM Alvin Dalyes Syatauw, S.Pd., Ketua Panitia Kegiatan Dirk Mosse, S.Pd., Sekretaris Kegiatan Novelino R. Mailoa, S.Si.Teol., pimpinan OPD Pemda Kabupaten Maybrat, Danpos Kotis Kumurkek Satgas Yonif 623/BWU Lettu Inf Edy Sukatman, Pendeta GKI Sion Kumurkek Melvin Tuwera, S.Th., Ketua Klasis Aifat Pdt. Seprianus Assem, S.Th., serta tokoh adat, agama, masyarakat, perempuan, dan pemuda Kabupaten Maybrat.

Dalam pidato penutupnya, Pj. Bupati Kabupaten Maybrat Dr. Bernard E. Rondonuwu S.Sos, M.Si., mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga kerukunan antar suku, khususnya antara Suku Maluku dan Papua.

“Kerukunan itu penting, saya sudah rasakan itu, kerukunan antar Suku Maluku harus dijaga bersama-sama karena kitorang selama ini bersaudara. Mari kita jadikan hari ini sebagai Putra Putri Pattimura, tetap tingkatkan rasa Nasionalisme untuk membangun Bangsa dan Negara,” ujar Dr. Bernard E. Rondonuwu.

Acara ini tidak hanya menjadi momen refleksi sejarah, tetapi juga menjadi ajang untuk mempererat persatuan dan membangun semangat kebangsaan di Kabupaten Maybrat dan sekitarnya.

Sumber: Pen Yonif 623/BWU, editor: eFHa.