Scroll untuk baca artikel
BeritaPolitik

Presiden Jokowi Melantik 7 Anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Periode 2024-2029

24
×

Presiden Jokowi Melantik 7 Anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Periode 2024-2029

Sebarkan artikel ini
Foto: Vico & Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden Lokasi: Istana Negara, Jakarta. Rabu, 15 Mei 2024.

Jakarta – Melalui akun Twitter resminya, @jokowi, Presiden Joko Widodo mengumumkan pelantikan tujuh anggota baru Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) untuk masa jabatan 2024-2029.

Upacara pengucapan sumpah/janji ini dilaksanakan di Istana Negara dengan disaksikan langsung oleh Kepala Negara.

Dalam cuitan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada para anggota yang baru dilantik serta harapan agar mereka dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Selamat kepada 7 anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) masa jabatan tahun 2024-2029 yang mengucapkan sumpah/janji di hadapan Kepala Negara,” tulis Presiden Jokowi.

Para Anggota LPSK yang Dilantik

Berikut adalah daftar nama-nama anggota LPSK yang dilantik untuk masa jabatan 2024-2029:

1. Bapak Antonius Prijadi Soesilo Wibowo

2. Ibu Sri Suparyati

3. Ibu Susilaningtias

4. Bapak Wawan Fahrudin

5. Bapak Mahyudin

6. Bapak Achmadi

7. Ibu Sri Nurherwati

Presiden Jokowi berharap agar para anggota baru ini dapat menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan memegang teguh UUD 1945 serta peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas mereka.

Peran dan Tanggung Jawab LPSK

LPSK adalah lembaga yang bertugas memberikan perlindungan dan bantuan kepada saksi dan korban dalam proses peradilan pidana.

Lembaga ini memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan bahwa saksi dan korban mendapatkan perlindungan hukum yang memadai, sehingga mereka dapat memberikan kesaksian tanpa rasa takut akan intimidasi atau ancaman.

Sebagai bagian dari sistem peradilan pidana, LPSK bertugas memastikan bahwa saksi dan korban dapat berpartisipasi secara penuh dan aman dalam proses hukum.

Hal ini mencakup pemberian perlindungan fisik, bantuan medis, serta dukungan psikologis bagi saksi dan korban yang mengalami trauma akibat tindak kejahatan.

Harapan Presiden terhadap Anggota LPSK Baru

Dalam pidato pelantikannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya integritas dan profesionalisme dalam menjalankan tugas di LPSK.

“Semoga dalam melaksanakan jabatan ini, tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, dan memegang teguh UUD 1945, dan peraturan perundang-undangan,” ujar Presiden.

Presiden juga menyoroti tantangan yang dihadapi LPSK dalam melindungi saksi dan korban, terutama dalam kasus-kasus yang melibatkan kejahatan berat seperti korupsi, terorisme, dan kejahatan seksual.

Menurutnya, anggota LPSK harus bekerja dengan penuh dedikasi dan keberanian untuk memastikan keadilan dapat ditegakkan.

Langkah Strategis LPSK di Masa Mendatang

Dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan, LPSK diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk penegak hukum, pemerintah, dan organisasi masyarakat sipil.

Langkah ini penting untuk menciptakan sistem perlindungan yang lebih efektif dan menyeluruh bagi saksi dan korban.

Selain itu, LPSK juga perlu memperkuat kapasitas internalnya melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dan teknologi informasi.

Dengan demikian, lembaga ini dapat merespons berbagai kebutuhan perlindungan secara cepat dan tepat.

Tanggapan Publik terhadap Pelantikan Anggota LPSK Baru

Pelantikan anggota baru LPSK ini mendapat beragam tanggapan dari masyarakat. Beberapa pihak menyampaikan apresiasi atas komitmen pemerintah dalam memperkuat perlindungan bagi saksi dan korban.

Mereka berharap agar anggota LPSK yang baru dilantik dapat bekerja secara independen dan profesional.

Namun, ada juga yang mengingatkan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam kinerja LPSK. Mereka menekankan bahwa LPSK harus selalu terbuka terhadap kritik dan saran dari masyarakat demi perbaikan pelayanan yang lebih baik.

Pelantikan tujuh anggota baru LPSK untuk masa jabatan 2024-2029 merupakan langkah penting dalam memperkuat sistem perlindungan saksi dan korban di Indonesia.

Dengan komitmen yang tinggi terhadap nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, diharapkan LPSK dapat menjalankan tugasnya dengan lebih efektif dan profesional.

Tantangan yang dihadapi oleh LPSK tidaklah ringan, terutama dalam menghadapi kejahatan-kejahatan berat.

Namun, dengan dedikasi dan kerja keras, anggota LPSK yang baru dilantik diharapkan dapat memberikan perlindungan yang maksimal bagi saksi dan korban, sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam proses hukum dengan aman dan tanpa rasa takut.

Presiden Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar kepada LPSK untuk terus memperjuangkan keadilan bagi saksi dan korban, serta menjaga integritas dalam setiap langkah yang diambil. Semoga dengan pelantikan ini, LPSK semakin solid dan mampu menjalankan amanah dengan baik demi terciptanya sistem peradilan yang adil dan berkeadilan.

Sumber: Twitter @jokowi

Editor: Darmaji Nss