Scroll untuk baca artikel
BeritaOlahraga

Shin Tae-yong Umumkan Skuad Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026: Elkan Baggott dan Witan Sulaeman Absen

64
×

Shin Tae-yong Umumkan Skuad Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026: Elkan Baggott dan Witan Sulaeman Absen

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah mengumumkan daftar pemain yang akan berlaga di lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dalam pengumuman tersebut, terdapat 22 pemain yang dipanggil, terdiri dari dua kiper, sebelas bek, enam gelandang, dan tiga penyerang.

Namun, beberapa nama besar seperti Elkan Baggott, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, dan Marc Klok tidak termasuk dalam daftar ini.

Ketiadaan Empat Pemain Kunci

Empat pemain yang absen kali ini biasanya menjadi andalan Timnas Indonesia.

Witan Sulaeman, winger Bhayangkara FC yang dipinjam dari Persija Jakarta, absen karena masih dalam masa pemulihan dari cedera kepala yang dialaminya saat membela timnas U-23 di babak play-off Olimpiade Paris 2024.

Sementara itu, Elkan Baggott, Ramadhan Sananta, dan Marc Klok juga tidak dipanggil tanpa alasan resmi yang dijelaskan lebih lanjut.

Lawan Irak dan Filipina

Timnas Indonesia akan memulai persiapan untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 27 Mei 2024, dengan para pemain abroad diharapkan bergabung sehari setelahnya.

Pada pertandingan pertama, Skuad Garuda akan menghadapi Irak pada 6 Juni 2024. Pertandingan kedua akan digelar lima hari kemudian melawan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat.

Optimisme Shin Tae-yong

Shin Tae-yong menyampaikan optimisme dan kesiapan timnya dalam menghadapi dua pertandingan penting ini. “Persiapannya baik dan Timnas Indonesia akan menjalani dua partai pada Juni 2024,” ujar pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Dia juga menambahkan, “Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan kemenangan dalam dua pertandingan nanti.”

Posisi Timnas Indonesia di Grup F

Saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan mengumpulkan tujuh poin dari tiga pertandingan.

Skuad Garuda tertinggal lima poin dari Irak yang berada di puncak klasemen. Indonesia unggul empat poin dari Vietnam di posisi keempat dan enam poin dari Filipina yang terbenam di dasar klasemen.

Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026

Berikut adalah daftar 22 pemain Timnas Indonesia yang dipanggil untuk pertandingan melawan Irak dan Filipina:

Kiper:

1. Ernando Ari

2. Adi Satryo

 

Bek:

1. Jordi Amat

2. Justin Hubner

3. Rizky Ridho

4. Jay Idzes

5. Muhammad Ferarri

6. Pratama Arhan

7. Shayne Pattynama

8. Sandy Walsh

9. Yance Sayuri

10. Asnawi Mangkualam

11. Nathan Tjoe-A-On

 

Gelandang:

1. Thom Haye

2. Ivar Jenner

3. Marselino Ferdinan

4. Ricky Kambuaya

5. Yakob Sayuri

6. Egy Maulana Vikri

 

Penyerang:

1. Rafael Struick

2. Dimas Drajad

3. Ragnar Oratmangoen

 

Analisis dan Harapan

 

Pemanggilan 22 pemain ini mencerminkan strategi Shin Tae-yong yang menggabungkan pengalaman dengan potensi muda.

Absennya beberapa pemain kunci seperti Witan dan Baggott memberikan kesempatan bagi pemain lain untuk menunjukkan kemampuan mereka di panggung internasional.

Kehadiran pemain seperti Jordi Amat dan Justin Hubner di lini belakang diharapkan dapat memperkuat pertahanan Timnas Indonesia, sementara Marselino Ferdinan dan Egy Maulana Vikri di lini tengah akan menjadi kunci dalam mengatur serangan.

Shin Tae-yong diharapkan dapat memanfaatkan kombinasi pengalaman dan semangat muda untuk meraih hasil maksimal di dua pertandingan penting ini.

Dengan persiapan yang matang dan strategi yang tepat, peluang untuk meraih kemenangan atas Irak dan Filipina cukup terbuka.

Tantangan di Depan

Meskipun Timnas Indonesia berada di posisi yang cukup baik dalam klasemen sementara, tantangan besar masih menanti.

Irak sebagai pemuncak klasemen adalah lawan yang tangguh, sementara Filipina, meski berada di dasar klasemen, tidak bisa dianggap remeh.

Setiap pertandingan dalam kualifikasi ini sangat krusial, dan hasil dari dua pertandingan berikutnya akan sangat menentukan peluang Indonesia untuk melaju ke babak selanjutnya.

Pengumuman daftar 22 pemain Timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 menandai langkah penting dalam persiapan tim nasional.

Dengan tidak adanya beberapa pemain kunci, tantangan besar ada di depan, tetapi juga membuka peluang bagi pemain lain untuk bersinar.

Optimisme dan persiapan matang menjadi kunci bagi Timnas Indonesia untuk meraih kemenangan dan melanjutkan perjuangan menuju Piala Dunia 2026.

Dengan demikian, para penggemar sepak bola Indonesia diharapkan untuk memberikan dukungan penuh kepada Skuad Garuda dalam dua pertandingan mendatang, mengingat setiap poin yang diraih sangat berharga untuk mewujudkan impian tampil di Piala Dunia.