Scroll untuk baca artikel
NewsTrending

Dana Zakat, Infaq, dan Sedekah ASN dan POLRI untuk Anak Yatim/Piatu di Banyumas

12
×

Dana Zakat, Infaq, dan Sedekah ASN dan POLRI untuk Anak Yatim/Piatu di Banyumas

Sebarkan artikel ini

 

Kabar Ngetren/Banyumas –  Pemerintah Kabupaten dan Kepolisian Resort Banyumas melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Banyumas memberikan santunan kepada 116 anak yatim/piatu/yatim piatu di wilayah Kabupaten Banyumas, di Pendopo Mako Polresta Banyumas pada hari Rabu (12/04/2023).

Kegiatan dimulai dengan berbagai acara keakraban, keceriaan, dan kebahagiaan bersama Polisi Sahabat Anak, yang dikemas dengan permainan, bernyanyi, senam bersama, pengenalan tertib selamat berlalu lintas, serta jalan-jalan di lingkungan Polresta Banyumas yang semuanya dilaksanakan oleh tim Polresta Banyumas selama 1 jam.

Ketua Baznas Banyumas, Hj. Khasanatul Mufidah, yang sedang menunaikan tugas dinas di luar kota, tidak dapat hadir, sehingga dalam kehadirannya diamanahkan kepada semua wakil ketua, yaitu H. Muhamad Ridwan, H. Abdul Munir, H.M. Tohar, H.Kodir, dan jajaran manajemen, staf Tata Usaha Baznas di bawah koordinator lapangan H. Aziz Alfariz.

Wakil ketua 2 bidang pendistribusian dan pendayagunaan, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa ada 116 anak yatim/piatu/yatim piatu di wilayah Kabupaten Banyumas yang akan menerima Pentasyarufan ZIS (Zakat, Infaq, dan Shodaqoh) dalam rangka pelaksanaan kegiatan keberkahan Baznas Banyumas di bulan Ramadhan 1.444 Hijriah.

Baca Juga  Ketua MPR RI Bamsoet: Peran Penting Partai Politik dalam Demokrasi

“Dalam acara ini, kami memberikan santunan sebesar Rp. 58 juta untuk 116 anak yatim/piatu/yatim piatu. Rincian santunan tersebut adalah 3 anak SD dan/atau MI kelas 4-5-6 dari 27 kecamatan di seluruh kabupaten Banyumas, serta 35 anak yatim/yatim piatu yang menjadi binaan kami. Setiap anak mendapatkan bingkisan dan uang tunai senilai Rp. 500.000.”

Sementara itu, Bupati Banyumas diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Purwadi Santoso menyampaikan apresiasinya dan rasa syukurnya atas kegiatan peduli anak yatim/piatu/yatim piatu. Dana bantuan yang diberikan berasal dari Zakat, Infaq, dan Sedekah (ZIS) ASN dan anggota POLRI POLRESTA Banyumas.

“Kami bersyukur atas hasil dari seluruh ASN dan anggota POLRI yang mengumpulkan harta mereka. Semoga pembagian santunan ini merata bagi semua anak yatim/piatu/yatim piatu. Kita memiliki kewajiban untuk menunaikan zakat melalui Baznas, karena sebagian harta kita adalah milik adik-adik kita yang membutuhkan. Saya ingin menekankan bahwa jangan ragu untuk menyisihkan harta kita kepada Baznas, karena zakat yang dikelola oleh Baznas akan sampai kepada tujuan dengan baik dan benar sesuai dengan fiqh zakat.” ungkapnya.

Baca Juga  Prajurit Buaya Putih Terlibat Menerangi Bumi Papua

Pada kesempatan itu, Purwadi Santoso juga memberikan pesan kepada semua yang hadir, bahwa semua harus rajin sekolah dan belajar. Jika ada kesulitan dalam transportasi menuju sekolah, jangan ragu untuk segera menyampaikan kepada dirinya. 

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Banyumas akan membantu menyelesaikannya sebagai bentuk kasih sayang kepada semua warga. Purwadi Santoso berharap bahwa kegiatan semacam ini tidak hanya dilakukan satu kali saja, melainkan bisa dijadwalkan lagi di masa depan.

Kapolresta Banyumas, Kombes Pol. Edy Suranta Sitepu, S.I.K., M.H, yang sedang berada di luar kota untuk menjalankan tugasnya, diwakili oleh Kabag SDM Kompol Sukarwan, S.H., M.M. Ia mengucapkan terima kasih kepada Baznas dan semua anak-anak yang hadir atas peran serta ASN dan anggota POLRI dalam menunaikan zakatnya sehingga bisa membantu anak yatim/piatu/yatim piatu pada hari itu.

Baca Juga  Halal Bihalal PHRI Banyumas: Mempererat Silaturahmi dan Kekompakan Pengurus

“Kami sangat senang dan bahagia bisa bersilaturahmi dengan anak yatim/piatu/yatim piatu se-kabupaten Banyumas yang dikumpulkan oleh Baznas Banyumas, semoga hubungan ini bisa terus terjalin kasih sayang, saling membantu dan bersilaturahmi”, ungkapnya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penyerahan santunan dan bingkisan secara simbolis oleh Purwadi Santoso kepada anak yatim/piatu/yatim piatu satu persatu, diikuti oleh unsur pimpinan POLRESTA, unsur pimpinan Baznas, serta tamu undangan. 

Acara berlangsung lancar dan sukses dengan kehadiran Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Banyumas, Kabag SDM Polresta Banyumas beserta jajarannya, Korwil, Kepala Sekolah SD/MI, 116 anak yatim/piatu/yatim piatu beserta orangtua/wali asuhnya dari 27 Kecamatan se-kabupaten Banyumas, dan tamu undangan.

Kabar Ngetren