Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadlineNewsPertanianTrending

Kerja Bakti Pembersihan Saluran Irigasi di Blitar

36
×

Kerja Bakti Pembersihan Saluran Irigasi di Blitar

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Blitar – Dalam rangka mendukung peningkatan produktivitas pertanian di wilayahnya, Serda Edi Siswanto, Babinsa Koramil 0808/11 Binangun, bersama warga Desa Ngembul melaksanakan kerja bakti pembersihan saluran irigasi di area persawahan Desa Ngembul, Binangun, Blitar.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian serta memastikan kelancaran sistem irigasi guna mendukung pertanian yang berkelanjutan. Serda Edi Siswanto dan warga Desa Ngembul terjun langsung ke lapangan untuk membersihkan saluran irigasi dari sampah, rumput liar, dan material lain yang menghambat aliran air.

“Melalui kegiatan bersama ini, diharapkan saluran irigasi dapat berfungsi dengan baik, sehingga petani dapat mendapatkan pasokan air yang cukup untuk pertanian mereka,” kata Serda Edi Siswanto pada Rabu, (10/7).

Menurutnya, upaya ini tidak hanya menitikberatkan pada pembersihan fisik, tetapi juga pada peningkatan kerjasama dan semangat gotongroyong antara warga.

Danramil 0808/11 Binangun, Kapten Inf Suwito, memberikan apresiasi terhadap partisipasi aktif warga.

“Pentingnya saluran irigasi yang bersih dan lancar untuk meningkatkan hasil panen pertanian tidak bisa dipandang sebelah mata. Saya mengapresiasi warga yang telah menunjukkan semangat kebersamaan dan kerjasama dalam kegiatan ini,” ujarnya.

Kapten Inf Suwito juga menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen Babinsa dalam memberikan dukungan dan pendampingan kepada petani lokal.

“Upaya bersih-bersih saluran irigasi ini juga merupakan komitmen Babinsa dalam mendukung kesejahteraan petani dan meningkatkan hasil pertanian. Semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi wilayah lain dalam merawat lingkungan pertanian dan memperkuat ketahanan pangan,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap produktivitas pertanian di Desa Ngembul dan sekitarnya, serta menjadi inspirasi bagi desa-desa lain dalam menjaga dan merawat lingkungan pertanian mereka.

Baca Juga  Nongkrong Bareng Influencer, Fadel Muhammad: Sukses Tidak Jatuh Dari Langit