Scroll untuk baca artikel
BudayaBudidaya LeleKulinerNews

Kisah Pemuda Indramayu Sukses Budidaya Lele

3
×

Kisah Pemuda Indramayu Sukses Budidaya Lele

Sebarkan artikel ini
Kolam ikan lele Indra Ade Iftana 

Kabar Ngetren – Setelah mengalami pandemi yang berkepanjangan beragam cara dilakukan warga demi mendapatkan penghasilan. Masyarakat bahkan ada yang harus rela mengorbankan sesuatu demi menunjang kebutuhan sehari-hari.

Seperti halnya yang dilakukan pemuda asal Indramayu Jawa Tengah, bernama Indra Ade Iftana. Ia memanfaatkan sisa lahannya di Indramayu Jawa Tengah untuk budidaya ikan lele.

Dengan ukuran kolam empat meter persegi, Indra memiliki 7 kolam ikan lele .

Meski terbilang baru, usaha budidaya lele yang ia rintis sendiri tersebut, mampu memberikan keuntungan yang terbilang cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Saat ini kata Indra, ia menjual hasil panen itu ke pasar -pasar dan rumah makan pecel lele yang ada di Indramayu.

“Hasil panen masih di sortir lagi, hasilnya pun cukup lumayan untuk kebutuhan keluarga,” kata Indra

Indra mengaku, jika usaha ikan lele miliknya, berawal dari modal Rp20 juta yang ia tabung semasa masih bekerja. Hasil tabungnya pun ia belikan kebutuhan untuk memelihara ikan lele.

“Pertama memulai saya menggunakan kolam terpal. Modalnya sekitar Rp20 juta ” ujarnya.

Indra menyebut, untuk seribu ekor lele, ia harus menyiapkan satu karung pakan yang ia banderol dengan harga yang bervariasi. Mulai dari yang harga Rp 200 ribu, hingga harga Rp 350 ribu.

“Semoga ke depan, di Indramayu sudah banyak stok untuk pakan ikan. Dengan begitu, saya dan masyarakat ikut terbantu. Karena ikan ini banyak juga dikonsumsi masyarakat daerah sini. Saya jual Rp 25 ribu per kilo,” ia menandaskan.

Nah, bagi Anda yang tinggal di wilayah Indramayu dan sekitarnya jika membutuhkan ikan lele bisa hubungi Indra Ade Iftana WA : 0813-1410-8947

(M. Janur . HY )

Kabar Ngetren