Scroll untuk baca artikel
News

KKN UPS Tegal Bantu Masyarakat Purbalingga

14
×

KKN UPS Tegal Bantu Masyarakat Purbalingga

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Purbalingga – Plh Bupati Purbalingga, H Sudono, dengan resmi menerima 129 mahasiswa KKN dari Universitas Pancasakti (UPS) Tegal untuk ditempatkan di Purbalingga. 

Dalam acara Penerimaan Mahasiswa KKN UPS Tegal, Plh Sudono mengajak para mahasiswa tersebut untuk menerapkan ilmu yang mereka dapatkan di bangku kuliah ke dalam kehidupan masyarakat. 
Ia berharap kolaborasi antara ilmu akademik dan ilmu yang ada di masyarakat akan memberikan manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat. 
Kabupaten Purbalingga saat ini menghadapi beberapa masalah seperti stunting (13,8%), kemiskinan (15,3%), dan miskin ekstrem (2,19%). 
Oleh karena itu, diharapkan kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa di desa-desa penempatan dapat berkontribusi dalam mengurangi masalah-masalah tersebut. 
Mahasiswa juga diharapkan dapat mendukung program-program Pemerintah Desa, seperti Desa Bersih Narkoba (Bersinar), dan memotivasi anak-anak putus sekolah untuk kembali melanjutkan pendidikan. 
Rektor UPS Tegal, Dr. Taufiqullah MHum, menyampaikan bahwa ini merupakan kali pertama mahasiswa KKN UPS Tegal ditempatkan di Purbalingga. 
Tema KKN kali ini adalah Mengembangkan Potensi Desa Menjadi Desa yang Mandiri dan Sejahtera. Desa saat ini sedang melaksanakan program digitalisasi, termasuk pembuatan website desa dan mempromosikan potensi wisata, pertanian, dan ekonomi. 
Mahasiswa diharapkan dapat terlibat dalam program-program ini, seperti membantu UMKM desa dalam pemasaran melalui marketplace, pengembangan IT desa oleh mahasiswa teknik informatika, serta mengembangkan alat-alat yang mempermudah kegiatan masyarakat oleh mahasiswa teknik. 
KKN UPS Tegal di Purbalingga akan berlangsung dari 10 Juli hingga 10 September, dengan 129 mahasiswa yang akan ditempatkan di 12 desa di Kecamatan Bobotsari dan 4 desa di Kecamatan Karangreja. 
Mahasiswa diharapkan untuk memetakan wilayah KKN berdasarkan keilmuan masing-masing dan memberikan solusi yang relevan agar tema besar KKN dapat tercapai. 
Mahasiswa berasal dari berbagai fakultas, seperti Ekonomi, Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Perikanan dan Ilmu Kelautan, serta Teknik dan Ilmu Komputer. (SNT)
Kabar Ngetren