Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadlineNewsTrending

Patroli Satgas Yonif 509 Kostrad di Intan Jaya: Menggugah Kesadaran Wawasan Kebangsaan

23
×

Patroli Satgas Yonif 509 Kostrad di Intan Jaya: Menggugah Kesadaran Wawasan Kebangsaan

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Intan Jaya – Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Raider 509/Balawara Yudha Kostrad, bagian dari Komando Operasi TNI (Koops TNI) di Papua, melaksanakan patroli dengan cara mengunjungi dan menyapa warga di Kampung Holomama, Distrik Sugapa, Intan Jaya, Papua Tengah pada Selasa, (9/7).

Komandan Satgas Yonif 509 Kostrad, Letkol Inf Dian Dessiawan Setyadi, menyampaikan pesan kepada para prajurit yang akan melaksanakan tugas patroli. Dalam pesannya, Letkol Inf Dian menekankan pentingnya memanfaatkan waktu penugasan untuk hal-hal positif, tidak hanya menjalankan tugas pengamanan wilayah.

Pesan ini dijawab dengan inisiatif dan kreativitas oleh para prajurit Pos Holomama yang dipimpin oleh Letda Inf Satrio. Mereka menggabungkan tugas patroli dengan komunikasi yang menyisipkan wawasan kebangsaan.

Baca Juga  Kemanunggalan TNI dan Rakyat Terlihat dalam Pembangunan Masjid Nurrahman di Keerom

Saat berpapasan dengan beberapa warga di jalur patroli, dengan tetap mengutamakan aspek pengamanan, para prajurit mengajak berkomunikasi. Respon warga Holomama sangat antusias. Dalam komunikasi sosial tersebut, prajurit TNI menyisipkan pesan wawasan kebangsaan bertemakan “Setiap Warga Negara memiliki Peran Penting dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Menanggapi penyampaian tersebut, seorang Mama Papua bernama Ester Sani yang sedang menggendong putranya langsung merespons,

“Papua aman, Komandan. Jaya Indonesia,” ucapnya. 

Secara terpisah, Panglima Koops TNI Brigjen TNI Lucky Avianto, setelah menerima laporan pelaksanaan kegiatan, mengapresiasi kreativitas Satgas Yonif 509 Kostrad dalam menggelar patroli yang menyisipkan wawasan kebangsaan di Kampung Holomama.

“Hal ini merupakan bentuk upaya TNI dalam menjaga keamanan wilayah Papua yang kondusif,” ungkapnya.