Scroll untuk baca artikel
NewsTrending

Sinergi TNI-Polri dan Stakeholder, Polres Purbalingga Siap Amankan Mudik dan Lebaran

20
×

Sinergi TNI-Polri dan Stakeholder, Polres Purbalingga Siap Amankan Mudik dan Lebaran

Sebarkan artikel ini

 

Kabar Ngetren/Purbalingga – Polres Purbalingga telah siap untuk menjaga keamanan selama rangkaian kegiatan mudik hingga lebaran pada tahun 2023. Hal ini terlihat dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2023 yang diadakan di Alun-alun Purbalingga pada hari Senin, 17 April 2023 pagi.

Acara tersebut dipimpin oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Dandim 0702 Letkol Dipo Sabungan Lumban Gaol dan Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan. Peserta apel adalah personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

Dalam amanat apel, Bupati Purbalingga membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Isi amanat tersebut antara lain bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2023.

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H,” ucapnya membacakan amanat.

Baca Juga  Tim SIRI Kejagung RI Berhasil Mengamankan Terpidana DPO di Pelabuhan Makassar

Survei Indikator periode 5 hingga 10 Mei 2022 menunjukkan bahwa sebanyak 73,8% masyarakat merasa puas dengan kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022. 

Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi Ketupat 2023, selama 14 hari sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

Lebih lanjut disampaikan operasi ini telah diawali dengan KRYD tanggal 10 – 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 – 9 Mei 2023.  

Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, dan mitra kamtibmas lainnya. Para personel tersebut nantinya akan menempati 2.787 pos.

Kapolres Purbalingga AKBP Era Johny Kurniawan mengatakan bahwa jumlah personel yang diterjunkan dalam pengamanan Operasi Ketupat Candi 2023 di Kabupaten Purbalingga sebanyak 416 personel dari Polri, TNI, dan instansi terkait lainnya.

Baca Juga  Pj Gubernur Papua Barat Olahraga Bersama Kodam Kasuari Bangun Kebersamaan Dan Silaturahmi

“Harapan kami dengan kerja sama dan sinergitas pengamanan dengan seluruh stakeholder yang ada, kegiatan mudik dan perayaan lebaran 2023 di Kabupaten Purbalingga dapat berjalan aman dan nyaman bagi masyarakat,” ucapnya.

Dalam rangka Operasi Ketupat Candi 2023, Polres Purbalingga menyiapkan tujuh pos pengamanan, empat pos pelayanan, dan dua pos terpadu. 

Pos pengamanan akan berada di Alun-alun Purbalingga dan enam objek wisata, yaitu Owabong, Golaga, Dlas, Purbasari Pancuran Mas, Taman Reptil, dan Pemandian Walik. 

Baca Juga  Semua Orang Harus Tahu, Mіtоѕ dаn Fаktа Tеntаng Pоlа Mаkаn Bagi Dіаbеtеѕ

Sementara itu, pos pelayanan akan berada di Pos Pelayanan Jompo Kalimanah, Pos Pelayanan Brak Bukateja, Pos Pelayanan Rest Area Karangreja, dan Pos Pelayanan Rest Area Masjid Cheng Ho Mrebet. Adapun pos terpadu akan berada di Terminal Purbalingga dan Terminal Bobotsari.

Dengan persiapan dan pengamanan yang matang dari Polres Purbalingga, diharapkan arus mudik dan perayaan lebaran tahun ini dapat berlangsung dengan aman dan nyaman bagi masyarakat. 

Semua pihak diharapkan dapat bekerja sama untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama perjalanan mudik hingga liburan lebaran. (eFHa)

Kabar Ngetren