Scroll untuk baca artikel
News

Kebakaran Akibat Lupa Matikan Tungku Kayu Bakar

30
×

Kebakaran Akibat Lupa Matikan Tungku Kayu Bakar

Sebarkan artikel ini

Kebakaran Akibat Lupa Matikan Tungku Kayu Bakar

Kabar Ngetren/Purbalingga – Kembali terjadi kebakaran yang melanda wilayah Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Pada pagi hari Selasa (6/6/2023), rumah warga di Desa Cipaku menjadi korban kebakaran.

Rumah yang terbakar adalah milik Kadinah (65), warga Desa Cipaku RT 1 RW 2, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 07.45 WIB, dan beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut karena rumah dalam keadaan kosong saat pemiliknya sedang berjualan.
Baca Juga  Kota Kendari Raih Penghargaan Adipura Tahun 2023 atas Prestasi Pengelolaan Sampah
Peristiwa kebakaran pertama kali diketahui oleh warga sekitar yang melintas di sekitar lokasi. Mereka berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, namun api dengan cepat membesar dan menyulut bangunan rumah tersebut.
Warga segera melaporkan kebakaran ini kepada perangkat desa, pemadam kebakaran, dan Polsek Mrebet. Tim pemadam kebakaran segera datang ke lokasi dan dibantu oleh petugas TNI, Polri, serta masyarakat sekitar untuk memadamkan api yang melahap rumah tersebut.
“Pada sekitar pukul 08.15 WIB, api berhasil dipadamkan. Namun, bangunan rumah semi permanen berukuran 6 x 9 meter milik korban sudah ludes terbakar,” ungkap Kapolsek Mrebet, AKP Muslimun.
Baca Juga  Ketua MPR RI Bamsoet: Revisi UU No 12 Tahun 2011 untuk Penguatan MPR

Menurut Kapolsek, dugaan sementara penyebab kebakaran adalah tungku kayu bakar di dapur rumah korban. 

Api diduga belum sepenuhnya padam setelah digunakan untuk merebus air, dan kemudian membesar hingga membakar bagian dapur dan merambat ke seluruh rumah ketika korban pergi berjualan di pasar.

Kerugian akibat kebakaran ini ditaksir mencapai lebih dari Rp. 80 juta. Kapolsek mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap bahaya kebakaran, terutama dalam penggunaan alat-alat dapur yang memerlukan perhatian ekstra.

Baca Juga  Satgas Yonif 122/TS Utamakan Kesehatan Masyarakat Pedalaman Papua Dengan Pengobatan Keliling di Wilayah Perbatasan RI-PNG

Kepolisian setempat akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan penyebab pasti kebakaran ini. Mereka juga berjanji akan memberikan dukungan dan bantuan kepada korban kebakaran dalam proses pemulihan. (eFHa)

Kabar Ngetren