Scroll untuk baca artikel
NewsTrending

Kegiatan Baznas Banyumas untuk Menguatkan Tali Silaturrahmi dengan Ulama dan Umara

17
×

Kegiatan Baznas Banyumas untuk Menguatkan Tali Silaturrahmi dengan Ulama dan Umara

Sebarkan artikel ini

 

Kabar Ngetren/Banyumas – Baznas Kabupaten Banyumas kembali mengadakan kegiatan Silaturahmi Ulama dan Umara Banyumas dengan diadakan ramah tamah yang penuh keakraban, kebahagiaan bersama Baznas, serta diisi dengan Silaturrahmi, laporan Baznas, sambutan Bupati, mau’idzah hasanah, doa, dan berbagi bingkisan kepada semua yang hadir, dan tasaruf kepada 57 ulama dengan total Rp. 128.250.000. Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Sipanji Purwokerto Banyumas pada Jumat (14/04/2023) pukul 16:00 – 17:00 WIB.

Ketua Baznas Banyumas, Khasanatul Mufidah, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran 68 Ulama dan Umara Banyumas. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kebersamaan dan menguatkan tali silaturrahmi antara Baznas dengan Ulama dan Umara Banyumas. Dia memohon maaf jika masih ada kekurangan dalam pelaksanaannya.

“Kami mohon doa dari para ulama dan umara agar Baznas menjadi lembaga utama yang dapat menyejahterakan umat. Kami berharap pengurus, manajemen Baznas, dan muzakki diberikan keberkahan umur yang sehat wal’afiat dan amanah, dan semua aktifitasnya mendapatkan ridlo Allah SWT,” kata Khasanatul Mufidah.

Baca Juga  Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sumsel Hadiri Rakor Kominda, KPU dan Bawaslu Bahas Kesiapan Pemilu

Selanjutnya, Khasanatul Mufidah menjelaskan bahwa Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) adalah badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Lahirnya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat semakin mengukuhkan peran Baznas sebagai lembaga yang berwenang melakukan pengelolaan zakat secara nasional.

“Dalam UU tersebut, BAZNAS dinyatakan sebagai lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama,” paparnya.

Dalam momen ini, Bupati Banyumas, H. Achmad Husein beserta istri Hj. Erna Sulistyowati, didampingi wakil Bupati H. Sadewo Tri Lastiono beserta istri Hj Nuraeni Tri Hariyanti, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena dapat menjalankan amanah rakyat. Tahun 2023 adalah masa kepemimpinan terakhir sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banyumas.

Baca Juga  ORARI Banjarnegara Gelar Halal Bi Halal dan Gathering Amatir Radio di Jawa Tengah

“Terima kasih kepada semua pihak yang memberikan sumbangsih kepada Banyumas dan nyong njaluk pangapurane. Saya mohon maaf sebesar-besarnya bila ada yang tidak berkenan selama ini,” kata Husein.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati H. Sadewo Tri Lastiono mengingatkan untuk tetap menjaga persatuan menjelang tahun politik.

“Saya meminta para ulama, kiai, dan habaib untuk membantu pemerintah dengan ceramah agama yang dapat mempersatukan umat dan menyejukkan warga masyarakat Banyumas,” ujar Sadewo.

Salah satu tokoh sepuh NU Banyumas, Si Mbah KH Zainurrohman Rohily Al Hafidz, pengasuh PP Bani Rosul Bantarsoka Purwokerto Barat, setuju dengan pentingnya persatuan umat.

Baca Juga  Penyebab Mobil Honda Civic Mati Sendiri Saat di Jalan

“Mudah-mudahan seluruh ulama dapat terus bekerja sama dengan masyarakat untuk menjaga ketenangan dan keamanan di wilayah Kabupaten Banyumas. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Baznas beserta muzakkinya,” harap doanya.

Ketua MUI Kabupaten Banyumas, KH. Taefur Arofat, dalam mau’idzah hasanah, menyampaikan bahwa setiap umara harus takut dengan Allah Swt dan selalu sayang kepada warga masyarakatnya.

“Maka tidak akan pernah berani korupsi dan selalu amanah dalam tugasnya sebagai umara serta menjadikan Banyumas dan warga masyarakatnya sebagai baldatun toyyibatun warrobun ghofur,” ungkap KH. Taefur Arofat.

Acara berjalan lancar dan sukses. Hadir dalam kegiatan itu adalah Bupati dan Wakil Bupati Banyumas beserta istri, Forkopinda Banyumas, 57 ulama se-Kabupaten Banyumas, serta undangan lainnya. (Slh,DJ, eFHa)

Kabar Ngetren