Scroll untuk baca artikel
NewsTrending

Petani Mewek Kidul Manfaatkan Momen Lebaran untuk Memulai Penanaman Padi

22
×

Petani Mewek Kidul Manfaatkan Momen Lebaran untuk Memulai Penanaman Padi

Sebarkan artikel ini


Kabar Ngetren/Purbalingga –
 Momen Lebaran 1444 H dimanfaatkan oleh para petani Mewek Kidul untuk memulai penanaman padi di Purbalingga. Berbeda dengan masyarakat pada umumnya yang melakukan silaturahmi, para petani ini fokus pada persiapan tanam.

Sardi, seorang petani Mewek Kidul yang ditemui di lokasi persawahan pada hari Senin siang, mengatakan bahwa selama Ramadan kemarin, tanah sudah diistirahatkan selama sebulan. Oleh karena itu, pada momen Lebaran ini, para petani sudah memulai menanam benih padi.

Baca Juga  Semarak HUT Corps Keuangan TNI AD Ke-78 Tahun

Sardi menjelaskan bahwa untuk lahan garapannya yang seluas setengah bahu atau sekitar 3.500 m2, dibutuhkan sekitar 20 Kg bibit benih padi. Ia juga menyatakan bahwa area garapannya masih mendapat cukup debit air hingga akhir musim pancaroba nanti. Selain itu, Sardi mengatakan bahwa mendapatkan pupuk saat ini sangat mudah bagi mereka, karena sebagai Buruh Tani dari UTPD Pembenihan Kelurahan Mewek, mereka memiliki akses mudah untuk memperoleh pupuk.

Baca Juga  Edukasi Kesehatan Gigi Anak-anak Puncak Papua oleh Satgas Mobile Yonif 323/BP

Meskipun demikian, Sardi pasrah terhadap hasil panen nanti, karena ia percaya bahwa rejeki telah diatur oleh Tuhan. Yang terpenting bagi Sardi adalah tetap istiqomah dalam menjalani proses menanam dan panen. Tutupnya. (eFHa)

Kabar Ngetren