Scroll untuk baca artikel
NewsTrending

Johnny G. Plate Ajukan Diri sebagai Justice Collaborator

13
×

Johnny G. Plate Ajukan Diri sebagai Justice Collaborator

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Jakarta – Mantan Menkominfo, Johnny G. Plate, Mengajukan Diri Sebagai Justice Collaborator dalam Kasus Korupsi BTS Bakti.

Johnny G. Plate, mantan Menteri Komunikasi dan Informatika, menyatakan kesiapannya untuk menjadi justice collaborator dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika pada periode 2020-2022.
Baca Juga  Plh Dirjen Bina Adwil Berikan Apresiasi Kesuksesan Pengamanan Pemilu 2024 Dalam Rakornas Satpol PP Dan Satlinmas
Dalam pernyataan dari pengacara Johnny G. Plate, Achmad Cholidin, dikatakan bahwa Johnny siap menjadi justice collaborator dan mengajukan permohonan tersebut kepada penuntut umum. Keputusan akhir tetap berada di tangan majelis hakim yang menangani kasus tersebut.
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana, menyambut baik keinginan Johnny untuk menjadi justice collaborator dalam kasus korupsi BTS Bakti. 
Dia menyatakan bahwa permohonan tersebut akan dinilai dan dipertimbangkan apakah Johnny layak mendapatkan keringanan hukuman dengan membongkar nama-nama yang terlibat dalam kasus tersebut.
Baca Juga  Program Police Goes To School, Upaya Polri Menjaga Generasi Bangsa
Menkopolhukam, Mahfud MD, juga memberikan tanggapan terkait hal ini, mengatakan bahwa proses tersebut merupakan wewenang Kejaksaan Agung. 
Dia menekankan bahwa Kejagung akan mempertimbangkan pengajuan permohonan Johnny dan tidak memerlukan persetujuan pemerintah karena masuk dalam ranah hukum.
Respon dari publik pun mengarah kepada harapan bahwa Kejaksaan Agung dapat mengakomodasi niat Johnny G. Plate. 
Publik ingin mengetahui orang-orang yang terlibat dalam kasus ini karena mereka yakin bahwa korupsi senilai 8 triliun tidak mungkin dilakukan oleh Johnny sendirian. 
Publik menduga ada kolusi dalam kasus ini dan mungkin juga ada aktor besar yang terlibat dalam kasus korupsi yang menjerat Johnny saat ini. (my)
Kabar Ngetren