Scroll untuk baca artikel
Coach Indra SjafriDramafinalGaruda MudaMasa DepanMedali EmasNewsPerjuanganSEA Games 2023skorSportThailandTimnas Indonesia U-22TrendingVietnam

32 Tahun Penantian Berbuah Emas: Timnas Indonesia U-22 Raih Medali Emas SEA Games 2023 Kamboja

4
×

32 Tahun Penantian Berbuah Emas: Timnas Indonesia U-22 Raih Medali Emas SEA Games 2023 Kamboja

Sebarkan artikel ini

 

Kabar Ngetren –  Masyarakat Indonesia patut bangga atas perjuangan tak kenal menyerah skuad Garuda Muda yang dilatih oleh Coach Indra Sjafri. 

Indonesia berhasil melewati rintangan Vietnam dengan skor 3-2 pada pertandingan semifinal SEA Games di Kamboja.

Tantangan tidak berkurang ketika Indonesia mencapai babak final. Mereka harus menghadapi Timnas Thailand yang sering menjadi juara di ajang SEA Games ini.

Timnas Indonesia U-22 tampil dengan kekuatan penuh, hanya kehilangan Arhan Pratama karena kartu merah pada pertandingan sebelumnya. 

Thailand juga bermain dengan skuad terbaiknya. Babak pertama berjalan sangat kompetitif, di mana kedua tim saling menyerang dan bertahan dengan baik.

Pada menit ke-20, Ramadhan Sananta membawa Indonesia unggul 1-0. Gol tersebut bermula dari lemparan ke dalam Alfeandra Dewangga dari sisi kanan. 

Bola kemudian disundul oleh Sananta ke arah gawang. Meskipun sempat membentur kaki pemain Thailand, akhirnya bola berhasil masuk ke gawang lawan.

Pada menit ke-34, Witan Sulaeman hampir menambah keunggulan Indonesia, tetapi tendangan Witan berhasil dihalau oleh kiper Soponwit.

Thailand tidak tinggal diam dan melakukan serangan pada babak pertama. Free kick pada menit ke-45 hampir menghasilkan gol bagi Thailand. 

Indonesia menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0. Pada Injury Time pada menit ke-45+3, Ramadhan Sananta kembali mencetak gol melawan Thailand.

Babak kedua dipenuhi intrik dan bahkan terjadi momen panas yang terekam kamera saat Timnas Indonesia merayakan sebelum wasit mengakhiri babak kedua dengan peluit panjang.

Situasi memanas terjadi ketika Thailand mampu menyamakan skor menjadi 2-2 ketika Yotsakon memanfaatkan ketidakfokusan Timnas Indonesia akibat salah persepsi bahwa pertandingan telah berakhir.

Permainan antara Thailand dan Indonesia harus dilanjutkan hingga perpanjangan waktu (extra time). 

Indonesia menciptakan kejutan saat Irfan Jauhari, Fajar Fathurrahman, dan Beckham Putra berhasil mencetak gol melawan Thailand, menjadikan skor akhir 5-2 untuk Indonesia.

Meskipun ada banyak drama dan kartu merah di akhir perpanjangan waktu, perjuangan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 Kamboja patut diapresiasi. 

Perjuangan anak-anak muda ini layak mendapatkan rasa hormat, kebanggaan, dan dukungan untuk masa depan mereka, bahkan hingga mereka menjadi bagian dari Timnas Senior. (Maulana Yusuf)

Kabar Ngetren