Scroll untuk baca artikel
Kesehatan

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

32
×

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Kabar Ngetren – Buah markisa, dikenal juga dengan nama buah passion, semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia. Buah ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang signifikan. Artikel ini akan membahas secara mendalam apa itu buah markisa, kapan dan di mana biasanya dikonsumsi, mengapa buah ini bermanfaat, serta bagaimana cara mengonsumsinya.

Buah markisa adalah buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan. Di Indonesia, markisa bisa ditemukan di daerah dataran tinggi seperti Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan Bali. Buah ini memiliki kulit keras berwarna ungu atau kuning, dengan daging buah yang berair dan penuh biji kecil berwarna hitam. Rasanya unik, perpaduan antara manis dan asam, membuatnya menjadi favorit di berbagai minuman dan hidangan penutup.

Buah markisa bisa ditemukan di pasar tradisional maupun modern di seluruh Indonesia sepanjang tahun. Namun, puncak musim buah ini biasanya terjadi antara bulan September hingga Desember. Di daerah asalnya, buah markisa sering digunakan dalam berbagai kuliner, mulai dari jus, salad buah, hingga campuran dalam kue dan dessert lainnya. Di Indonesia, markisa sering dijadikan sirup atau jus yang menyegarkan.

Buah markisa mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat utama dari buah markisa:

  1. Kaya akan Antioksidan: Buah markisa mengandung banyak antioksidan, seperti vitamin C dan polifenol, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel yang berkontribusi terhadap penuaan dini dan berbagai penyakit kronis.
  2. Menjaga Kesehatan Jantung: Kandungan serat yang tinggi dalam buah markisa dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, yang penting untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, potasium dalam buah ini membantu mengatur tekanan darah.
  3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Vitamin C dalam buah markisa berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.
  4. Membantu Pencernaan: Serat dalam buah markisa tidak hanya baik untuk jantung, tetapi juga membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.
  5. Menjaga Kesehatan Mata: Vitamin A yang terkandung dalam buah markisa bermanfaat untuk kesehatan mata, membantu mencegah degenerasi makula dan menjaga penglihatan tetap tajam.
Baca Juga  Penyebab Kekurangan Vitamin D dan Akibatnya pada Tubuh Manusia

Bagaimana Cara Mengonsumsi Buah Markisa?

Ada berbagai cara untuk menikmati buah markisa. Berikut beberapa cara yang umum dilakukan:

  1. Dikonsumsi Langsung: Cara paling sederhana adalah dengan memotong buah markisa menjadi dua bagian dan menyendok daging buahnya langsung dari kulitnya.
  2. Jus atau Sirup: Buah markisa bisa dijadikan jus atau sirup yang menyegarkan. Caranya, daging buah dicampur dengan air dan sedikit gula, lalu disaring.
  3. Campuran Salad: Buah markisa bisa ditambahkan ke dalam salad buah untuk menambah rasa segar dan sedikit asam yang unik.
  4. Bahan Kue: Daging buah markisa juga bisa dijadikan bahan tambahan dalam berbagai kue dan dessert, memberikan rasa eksotis yang khas.
Baca Juga  H Taryadi Terima Anugerah dari Raja dan Sultan Keraton Nusantara di Sidoarjo

Buah markisa bukan hanya sekedar buah tropis yang menyegarkan, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang signifikan. Dari kandungan antioksidan yang tinggi hingga manfaat bagi kesehatan jantung dan pencernaan, markisa layak untuk dimasukkan dalam pola makan sehari-hari. Dengan cara konsumsi yang beragam, buah ini dapat dinikmati oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Jadi, mari manfaatkan kelezatan dan kebaikan buah markisa untuk menjaga kesehatan tubuh kita.