Scroll untuk baca artikel
Bencana Kereta ApiElectronic InterlockingKecelakaan Kereta ApiKereta Coromandal ExpressNewsSistem Sinyal ElektronikTragedi di India

Bencana Kereta Api Terburuk India

5
×

Bencana Kereta Api Terburuk India

Sebarkan artikel ini

Bencana Kereta Api Terburuk  India

Kabar Ngetren/India – Minggu (4/6/2023) lalu, Menteri Perkeretaapian India, Ashwini Vaishnaw, mengumumkan bahwa penyebab dan pelaku bertanggung jawab atas kecelakaan kereta api baru-baru ini telah teridentifikasi.

Meskipun dia tidak memberikan rincian lebih lanjut, dia menyinggung tentang sistem sinyal elektronik yang berperan dalam tragedi ini.

Insiden terjadi pada Jumat (2/6/2023), ketika dua kereta api Coromandal Express yang sedang melaju dari Kolkata ke Chennai bertabrakan. 

Tabrakan ini menyebabkan kereta yang sedang terparkir ikut terkena dampak. Akibatnya, hampir 300 orang meninggal dunia dan lebih dari 800 orang lainnya mengalami luka-luka. 
Kecelakaan ini dianggap sebagai bencana kereta api terburuk dalam sejarah India.
Tim penyelamat telah melakukan upaya evakuasi dan perawatan medis bagi para korban. 
Saat ini, sebanyak 1.175 pasien dirawat di rumah sakit swasta, dengan 793 di antaranya sudah dipulangkan. Dari sisanya yang masih berada di rumah sakit, dua orang dalam kondisi kritis sementara sisanya dalam keadaan stabil.

Dalam laporan ini, tidak disebutkan secara rinci mengenai identitas pelaku atau faktor-faktor penyebab kecelakaan tersebut. 

Namun, perubahan dalam electronic interlocking, sistem persinyalan yang bertujuan untuk mencegah tabrakan antar-kereta, disebut-sebut menjadi salah satu faktor utama yang memicu tragedi ini.

Kecelakaan ini menyisakan duka yang mendalam bagi masyarakat India. Perlu diingat bahwa investigasi masih berlangsung, dan rincian lebih lanjut mengenai kejadian ini akan diungkap setelah laporan investigasi akhir. (Maulana Yusuf)

Kabar Ngetren