Scroll untuk baca artikel
BeritaNews

Bupati Purbalingga Bangun Talud Irigasi Desa Limbasari

3
×

Bupati Purbalingga Bangun Talud Irigasi Desa Limbasari

Sebarkan artikel ini

Bupati Purbalingga Bangun Talud Irigasi Desa Limbasari
Bupati Purbalingga Bangun Talud Irigasi Desa Limbasari


Kabarngetren/Purbalingga
– Pembangunan Talud Irigasi Tersier/Sederhana Blok Mulya, Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, mulai dilaksanakan. Bupati Purbalingga menandai dimulainya proyek irigasi dengan melakukan peletakkan batu pertama.

“Semoga Saluran Irigasi ini bisa rampung secepatnya. Bisa segera dimanfaatkan oleh Petani untuk mengairi Sawahnya yang akan memasuki Musim Tanam. Sehingga Produktivitas Pertanian bisa semakin Meningkat, begitu pula dengan Kesejahteraan Petani di Limbasari”. Ucap Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi. Rabu. 11/10/2023.

Bupati menegaskan, Partisipasi dari Masyarakat Limbasari untuk ikut Andil dalam Pembangunan Talud Irigasi, meskipun Proyek tersebut menggunakan Anggaran dari Dana Desa. Rasa Kebersamaan yang dimiliki oleh Warga Limbasari tidak pernah luntur sehingga Pembangunan Desa Limbasari bisa terus Maju kedepannya.

“Nderek titip agar Kebersamaan dan semangat Kegotongroyongan Masyarakat Limbasari untuk terus dijaga. Ketika Masyarakat Kompak, maka kedepan Limbasari bisa menjadi Desa yang Mandiri dan tentunya mampu memberikan Kesejahteraan bagi Warganya”. Tambah Bupati.

Bupati Purbalingga Bangun Talud Irigasi Desa Limbasari

Beliau berharap Pembangunan Saluran Irigasi ini bisa bermanfaat bagi Petani Limbasari dan berdampak pada Peningkatan Produktivitas Pertanian setempat. Harapnya 

Sementara itu, Anggota Kelompok Tani Mulya, Mufidurohman, menuturkan, Keberadaan Saluran Irigasi ini diyakini mampu menjadi Solusi Persoalan Pengairan Lahan Persawahan, Baik di Musim Kemarau maupun Penghujan. Ada sejumlah 65 Hektar Lahan Persawahan di Blok Mulya kerap Mengalami Kekeringan saat Kemarau dan Kebanjiran saat Musim Penghujan.

“Dengan adanya Saluran Irigasi ini Petani jadi bisa lebih Tertata dan Efisien dalam Penggunaan Air. Sekaligus Antisipasi dari Kekeringan dan Kebanjiran yang menyebabkan Gagal Panen”. Ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Mufidurohman menegaskan, Potensi Pertanian di Limbasari cukup Memuaskan. Dalam Setahun, Petani bisa Memanen hingga 2 Kali dengan Produksi rata-rata 4-5 Ton/Hektar. 

“Semoga dengan adanya Saluran Irigasi ini, Produksi Pertanian bisa Meningkat 6 hingga 7 Ton per Hektar”. Imbuhnya.

Diwaktu yang sama, Kepala Desa Limbasari, Halimah, mengatakan, ada 3 Pembangunan di Wilayahnya yang saat ini membutuhkan Bantuan dari Pemerintah Daerah. Yakni Pembangunan Jalan Desa, tepatnya di Dusun 2 Limbasari, Pembenahan Ruang Pelayanan Balai Desa Limbasari, serta Perbaikan Lapangan Desa.

“Mohon ada Perhatian dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Ibu Bupati agar Sarana dan Prasarana di Limbasari bisa jauh lebih Baik”. Katanya. 

Pembangunan Talud Irigasi ini bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2023 dengan Anggaran Rp. 121.665.000. dengan Total Volum Pekerjaan sepanjang 440 Meter dengan Estimasi 30 Hari Kerja. Kegiatan Pekerjaan dilakukan secara Swakelola oleh Masyarakat Desa Limbasari.

Kegiatan ini dihadir bersama Wakil Bupati Purbalingga, H. Sudono ST. MT, Sekda Purbalingga, Herni Sulasti, SH. MH. CfrA, dan sejumlah Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Purbalingga. red.

Kabar Ngetren