Scroll untuk baca artikel
BudayaBupati PurbalinggaCamat BojongsariNewsPagelaran Wayang Semalam SuntukPPDRI PurbalinggaTrending

Bupati Purbalingga Hadiri Pagelaran Wayang Semalam Suntuk

3
×

Bupati Purbalingga Hadiri Pagelaran Wayang Semalam Suntuk

Sebarkan artikel ini
Bupati Purbalingga Hadiri Pagelaran Wayang Semalam Suntuk
Bupati Purbalingga Hadiri Pagelaran Wayang Semalam Suntuk

Kabarngetren/Purbalingga – Bupati Purbalingga menghadiri acara Pentas Wayang semalam suntuk oleh Dalang Ki Tejo Asmoro dengan lakon Sesaji Raja Suya sekaligus memberikan penyematan kepada Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Purbalingga periode 2022-2227. 
Hadir dalam acara, Ketua DPRD Bambang Irawan, Anggota DPRD Provinsi Jateng Moch. Ichwan, Ketua Dekranasda Rizal Diansyah, Kepala Dinpermasdes, Ketua Umum PPDRI Purbalingga. Lapangan Bojongsari. Sabtu Malam. 09/09/2023.

Dalam sambutannya, Bupati Tiwi, mengajak masyarakat untuk bisa meneladani founding father Indonesia, Ir. Soekarno yang menjadikan kepribadian di bidang Seni dan Budaya menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh suatu negara jika ingin maju, selain harus berdikari dan berdaulat secara politik.

“Mudah-mudahan di bawah kepemimpinan Mas Trisnanto, Dewan Kesenian bisa semakin kompak dan eksis melestarikan seni dan budaya Purbalingga, serta mengajak masyarakat Purbalingga untuk mencintai seni dan budaya lokalnya sendiri karena kalau bukan kita lalu siapa lagi”. Ujarnya.

Bupati Purbalingga Hadiri Pagelaran Wayang Semalam Suntuk

Bupati juga mengungkapkan, nguri-nguri seni dan budaya bukan hal yang mudah, untuk itu pemerintah membutuhkan bantuan dari banyak pihak. 
Keberadaan Dewan Kesenian sebagai wadah resmi para pegiat seni dan budaya diharapkan bisa membantu pemerintah dalam melestarikan seni dan budaya lokal Purbalingga.

“Indonesia negara yang berkepribadian dalam Seni dan Budaya, karenanya sejak zaman sebelum sebelum Merdeka hingga saat ini, pemerintah terus berupaya melestarikan seni dan budaya.” Imbuhnya.

Bupati Tiwi optimistis, kecintaan masyarakat Purbalingga pada seni dan budaya lokal masih sangat tinggi. Terbukti, setiap ada pagelaran seni dan budaya masyarakat Purbalingga pasti berbondong-bondong menonton.

“Artinya masyarakat Purbalingga makin cinta dengan kebudayaan lokalnya. Insya Allah akan ikut menguri-nguri seni dan budaya lokal yang ada di Purbalingga”. Tambahnya.

Bupati Purbalingga Hadiri Pagelaran Wayang Semalam Suntuk

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tiwi juga mengucapkan selamat atas dilantiknya 40 pengurus Persatuan Perangkat Desa Republik Indonesia (PPDRI) Kecamatan Bojongsari. 
Bupati berharap perangkat desa se Kecamatan Bojongsari bisa semakin kompak, seiring sejalan dengan Pemkab Purbalingga dalam memajukan Kecamatan Bojongsari lebih baik lagi.

“PPDRI bisa jadi wadah gendu-gendu rasa teman-teman Perangkat Desa. Jika ada permasalahan bisa diselesaikan secara bersama-sama. Asalkan ada komunikasi, kebersamaan, keguyubrukunan, dan kekompakan”. Pesannya.

Camat Bojongsari, Sugeng Riyadi., menjelaskan, rangkaian kegiatan pemilihan Dewan Kesenian dan pengukuhan pengurus PPDRI Kecamatan Bojongsari, ditutup dengan pagelaran wayang semalam suntuk oleh Dalang Ki Tejo Asmoro dengan lakon Sesaji Raja Suya.

“Pagelaran wayang kulit ini adalah kolaborasi dari berbagai pihak dalam rangka nguri-nguri budaya, bagaimana agar kesenian wayang yang sempat terkikis bisa eksis kembali”. Pungkasnya. red.

Kabar Ngetren