Scroll untuk baca artikel
Bupati PurbalinggaNewsSimulasi Sispamkota

Bupati Purbalingga Hadiri Simulasi Sispamkota Pemilu 2024

3
×

Bupati Purbalingga Hadiri Simulasi Sispamkota Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini

Kabarngetren/Purbalingga – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berharap Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024 bisa berjalan dengan dengan Sukses, Lancar, dan Kondusif. Untuk itu, Bupati mengajak semua Pihak untuk bersama-sama mengawal jalannya Proses Pesta Demokrasi di Wilayah Kabupaten Purbalingga.

“Mudah-mudahan giat Pemilu Serentak 2024 di Purbalingga bisa berjalan dengan Sukses, Lancar, dan Kondusifitas Wilayah Purbalingga senantiasa Aman, Damai dan Kondusif, mulai dari sebelum Pemilu, saat Pemilu, dan setelah Pemilu. Mari bersama-sama kita kawal Pemilu Serentak 2024”. Ucap Bupati Tiwi usai melihat Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) Polres Purbalingga yang dilaksanakan di Alun-alun Purbalingga. Senin Pagi. 25/09/2023.

Bupati Tiwi mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kapolres Purbalingga beserta jajarannya yang telah melaksanakan giat Simulasi Sispamkota. Menurutnya, Kegiatan Simulasi Sispamkota ini merupakan bentuk Kesiapan Polres Purbalingga dalam rangka mengantisipasi berbagai macam Gangguan, baik berupa Konflik Sosial maupun Gangguan Keamanan menjelang Pemilu Serentak 2024.

“Pemilu sudah di depan mata, tinggal 5 bulan lagi. Saya yakin Polres Purbalingga telah melakukan Pemetaan-pemetaan tersendiri dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya Konflik Sosial dan Gangguan Keamanan yang mungkin terjadi di Kabupaten Purbalingga”. Tambah Bupati.

Usai Apel Pasukan, Bupati bersama jajaran Forkompimda, Perwakilan Instansi Vertikal, Penyelenggaraan Pemilu (KPU dan Bawaslu) menyaksikan Simulasi Sispamkota yang diperagakan oleh Anggota Polri, TNI, dan Unsur Pendukung lain.

Mulai dari Proses Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS, Patroli Sinergitas Polri-TNI, Antisipasi Petugas Keamanan ketika ada Pemilih yang Protes atau Membawa Senjata Tajam masuk ke TPS, hingga Antisipasi oleh Petugas Keamanan saat terjadi Provokasi dan Aksi Demonstrasi Massa yang Anarkis di Kantor KPUD.

“Sekali ini cuma simulasi saja, cuma latihan. Saya berharap hal ini tidak terjadi di Purbalingga”. Ujar Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan SIK usai Simulasi.

Dikatakan, Simulasi Sispamkota ini dalam rangka Mengantisipasi Gangguan Kamtibmas pada Tahapan Pemilu/Pemilukada 2024. Simulasi ini, lanjut dia, sebagai bentuk Pengecekan dan Kesiapan Personel, Sarana dan Prasarana sehingga jika terjadi situasi Kontijensi dalam Tahapan Pemilu di Purbalingga dapat segera diantisipasi secara bersama-sama dengan Cepat dan Tepat.

Sementara itu, Dandim 0702 Purbalingga, Letkol. Inf. Dipo Sabungan Lumban Gaol, mengatakan, sangat mengapresiasi Kesiapan dari Polres Purbalingga dalam menghadapi Gelaran Pesta Demokrasi di Tahun 2024.

“Lebih baik kita mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi, tapi tidak digunakan. Dan sesuai Undang-undang maupun Nota Kesepahaman antara Panglima TNI dan Kapolri, kita tetap mem-back up sambil memonitoring perkembangan situasi di Wilayah Purbalingga”. Pungkasnya. red.

Kabar Ngetren