Scroll untuk baca artikel
Bupati TiwiNewsPasar EksporPemulihan EkonomiRoadshowUMKM

Bupati Tiwi Galang Semangat UMKM Menuju Pasar Ekspor dalam Roadshow Pemulihan Ekonomi

3
×

Bupati Tiwi Galang Semangat UMKM Menuju Pasar Ekspor dalam Roadshow Pemulihan Ekonomi

Sebarkan artikel ini

Bupati Tiwi Galang Semangat UMKM Menuju Pasar Ekspor dalam Roadshow Pemulihan Ekonomi

Kabar Ngetren/Purbalingga – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, mendorong produk-produk UMKM untuk terus meningkatkan kualitasnya dan berpotensi mencapai pasar ekspor. Salah satu contoh sukses adalah produk rajut dari Desa Tidu, yang telah berhasil menembus pasar internasional.

“Dalam Pemulihan Ekonomi Kecamatan Bukateja yang berlangsung di Lapangan Desa Kebutuh pada Selasa (08/08/2023), Bupati Tiwi menyatakan bahwa produk-produk UMKM di Bukateja memiliki kualitas yang sangat baik, dan kita harus terus mendorong pemasarannya,” kata Bupati Tiwi.
Salah satu produk unggulan yang dihasilkan oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Berkah Jaya dari Desa Tidu adalah produk rajut. Produk ini bahkan telah berhasil merambah pasar ekspor. Tidak hanya rajut, Bupati Tiwi juga memperkenalkan produk beras organik yang dihasilkan oleh Gapoktan Subur dari Desa Kedungjati.
“Dengan merek dagang ‘Berlian SAE’, beras organik ini dihasilkan dengan menggunakan teknologi pertanian ramah lingkungan dan bebas dari residu pestisida,” tambahnya.
Bupati Tiwi turut serta dalam proses pembuatan batik ecoprint yang disediakan di stan Desa Bajong. Dalam kesempatan tersebut, Bupati ikut serta dalam proses pemukulan daun ke media kain, sehingga motif dan warna dari daun tercetak dengan indah di atas kain.
“Produksi ecoprint sudah berlangsung sejak tahun 2019 dan telah berhasil dipasarkan hingga ke berbagai kota seperti Solo, Yogyakarta, Semarang, Jakarta, dan bahkan secara daring ke Jepang. Galeri produk ecoprint berada di Desa Bajong, RT 2 RW 04. Selain di kain, motif ecoprint juga diaplikasikan pada sepatu, tas, kemeja, kaos, topi, dan berbagai produk lainnya,” ungkap Astutiyati, seorang pengrajin ecoprint dari Desa Bajong.
Melalui kegiatan Roadshow Pemulihan Ekonomi ini, Bupati berharap produk-produk unggulan dari Kecamatan Bukateja dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Beragam produk menarik dipamerkan, seperti buah-buahan dari tanaman hortikultura Desa Kebutuh, kerajinan bambu dari Desa Karanggedang, produk ‘bukan tempe biasa’ dari Desa Wirasaba, serta produk standing pot dan hiasan dinding dari Desa Kutawis, mie ganyong dan mancho dari Desa Majasari, serta sepatu dan tas dari Desa Bajong.
Bupati Tiwi dengan antusias mengunjungi setiap stand desa dan mendukung produk-produk UMKM dengan melakukan pembelian. Dalam kunjungannya, ia didampingi oleh sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Bukateja. (Gn/Prokompim)
Kabar Ngetren