Scroll untuk baca artikel
NewsTrending

Erdogan Unggul dalam Pemilihan Presiden Turki, Apakah Akan Ada Putaran Kedua?

6
×

Erdogan Unggul dalam Pemilihan Presiden Turki, Apakah Akan Ada Putaran Kedua?

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren – Rakyat Turki saat ini tengah mengalami kegembiraan dalam pemilihan umum untuk menentukan Presiden Turki berikutnya. Dalam hasil pemungutan suara yang telah mencapai 97%, Pemimpin Petahana, Presiden Recep Tayyip Erdogan, menduduki peringkat pertama dengan unggul suara dibandingkan dua kandidat lainnya. Erdogan berhasil memperoleh 49,39% suara, namun belum mencapai minimal 50% suara untuk meraih kemenangan mutlak.

Erdogan sedang bersaing sengit dengan lawannya, Kemal Kilicdaroglu, yang berhasil mengumpulkan 44,92% suara. Menurut laporan dari Kantor Berita Anadolu, berdasarkan hasil hitung cepat, belum ada pemenang mutlak dalam pemilihan umum di Turki pada hari Minggu (14/5). Dengan melihat perolehan suara yang sudah terkumpul, dapat dipastikan bahwa pemilihan Presiden Turki akan dilanjutkan ke putaran kedua.

Baca Juga  Satgas Yonif 122/TS Evakuasi Mama Sofi yang Memerlukan Pertolongan Medis Darurat di Distrik Muaratami Jayapura

Hal ini sesuai dengan konstitusi Turki, di mana seorang calon presiden harus memperoleh setidaknya 50% suara untuk dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilihan. Putaran kedua pemilihan ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei.

Perlu dicatat bahwa Pemilihan Presiden Turki tidak hanya akan menentukan siapa yang akan memimpin negara ini, tetapi juga akan berdampak pada arah kebijakan yang lebih sekuler dan demokratis, penanganan krisis biaya hidup yang semakin berat, serta pengelolaan hubungan dengan Rusia, Timur Tengah, dan negara-negara Barat yang menjadi mitra penting bagi Turki. (Maulana Yusuf)

Kabar Ngetren