Scroll untuk baca artikel
NewsTrending

JPZISNU Beres dan PRNU Rejasari Komitmen Jalankan 4 Pilar Program LAZISNU

4
×

JPZISNU Beres dan PRNU Rejasari Komitmen Jalankan 4 Pilar Program LAZISNU

Sebarkan artikel ini

 Kabar Ngetren/Banyumas – JPZIS NU Care-LAZISNU Beres Purwokerto Barat Banyumas Jawa Tengah memberikan bantuan uang tunai sebesar 1,5 juta rupiah kepada Madrasah Diniyah dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Al Huda. Bantuan ini diberikan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 2 Mei, sebagai penghormatan kepada Ki Hajar Dewantara yang berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa lalu yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan.

Kepala Madrasah, Ustadz Muarifin, menerima bantuan tersebut dari Ketua Pengurus Harian (PH) dan Petugas Lapangan (PL) JPZIS NU Care-LAZISNU Beres Purwokerto Barat Banyumas, Ustadz Daryanto. Penerimaan bantuan tersebut didampingi oleh Ketua RW setempat, Didi, serta tokoh masyarakat dan agama, Kyai Carwan.

Bantuan uang tunai tersebut akan digunakan untuk percepatan pengecatan dinding, kusen, daun pintu, dan jendela madrasah dan PAUD. Penyaluran bantuan ini merupakan hasil kerja sama antara JPZIS NU Care-LAZISNU Beres dan Pengurus Ranting NU Rejasari.

Baca Juga  Daftar Menteri Era Presiden Jokowi yang terangkut Korupsi

Rois Mustholih, Penanggungjawab Program, mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan tersebut juga sebagai bagian dari rangkaian silaturrahmi menjelang Lebaran Idul Fitri 1.444 Hijriah. Menurutnya, JPZIS NU Care-LAZISNU Beres mendapatkan rekomendasi dari Ketua Pengurus Ranting NU Rejasari untuk memberikan bantuan pembelian material cat guna mempercepat renovasi madrasah dan TPQ di Seminggkir. Hal ini bertujuan agar para santri dapat lebih nyaman dalam belajar dan mengaji.

JPZISNU Beres dan PRNU Rejasari menyalurkan bantuan berupa pengecatan untuk Madrasah dan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) di wilayah Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat. Bantuan tersebut diterima dengan rasa syukur oleh Kepala Madrasah Ustadz Muarifin yang menyebutkan bahwa bantuan ini sangat bermanfaat, terutama karena dalam beberapa hari kedepan akan ada acara imtihan tahun 2023.

Baca Juga  Polres Purbalingga Siapkan Pengamanan Salat Idul Fitri 1445 Hijriah

Asma Asiyah, petugas lapangan wilayah Rejasari, menyampaikan bahwa kerja sama antara JPZIS NU Care-LAZISNU Beres dan PRNU Rejasari telah berjalan selama 4-5 tahun, dengan 4 pilar program LAZISNU, yaitu Pendidikan, Kesehatan, Pengembangan Ekonomi, dan Kebencanaan/Kemanusiaan. Selama bulan Ramadhan 1.444 Hijriah, JPZISNU Beres bersama PRNU Kelurahan Rejasari dan beberapa simpatisan di wilayah Bantarsoka, Kober, dan Pasirmuncang telah menyalurkan bantuan berupa bingkisan Ramadhan kepada anak yatim/piatu, dhuafa, dan para relawan pengatur lalu lintas di pertigaan dan perempatan jalan di wilayah Kecamatan Purwokerto Barat.

Bantuan tersebut diberikan untuk meringankan kebutuhan selama bulan Ramadhan dan memberikan kebahagiaan kepada penerima manfaat dalam menjalankan ibadah puasa. Hal ini juga sebagai upaya menjaga kepercayaan masyarakat dan publik, sehingga terus dilakukan percepatan penyaluran pentasarufan dana zakat infaq dan sedekah para munfiq yang diamanahkan kepada JPZIS NU Beres.

Baca Juga  Sukses Laksanakan Misi Kemanusiaan Untuk Korban Konflik Gaza, Kasal Hadiri Upacara Penyambutan Kedatangan Hercules TNI AU

Bendahara JPZIS NU Beres, Sri Wakhyuni, menjelaskan bahwa penyaluran bantuan pengecatan untuk madrasah dan TPQ merupakan implementasi program penguatan lembaga dan peduli tempat pendidikan, yang bersumber dari infaq dan sedekah koin subuh dari warga masyarakat yang dikelola oleh JPZISNU Beres selama ini.

Sri Wakhyuni berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk madrasah dan TPQ, khususnya dalam rangka peringatan Hardiknas, silaturrahmi lebaran, dan percepatan pentasarufan ZIS. Hal ini menunjukkan bahwa hasil kerja rutin, semangat, cerdas, dan kerjasama antara Pengurus Harian, petugas lapangan, munfiq, dan masyarakat Rejasari dalam program gerakan Koin NU terus berkembang dan meningkat. Keterbukaan dan kecepatan proses penyaluran bantuan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku melalui JPZISNU Beres. (eFHa)

Kabar Ngetren