Scroll untuk baca artikel
NewsPasar Slogohimo

Kapolda Jateng Tinjau Paska Kebakaran Pasar Slogohimo

5
×

Kapolda Jateng Tinjau Paska Kebakaran Pasar Slogohimo

Sebarkan artikel ini
Kapolda Jateng Tinjau Paska Kebakaran Pasar Slogohimo

Kabarngetren/Wonogiri – Pada Jumat Pagi. 29/9/2023. Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, memerintahkan jajarannya bentuk Tim untuk Menyelidiki penyebab Kebakaran di Pasar Slogohimo Wonogiri. Penyelidikan menekankan Penggunaan Metode Scientific Crime Investigation (SCI) dengan melibatkan Inafis, Labfor dan Instansi Terkait.

Hal itu disampaikan Kapolda saat Meninjau Langsung Lokasi Kebakaran Pasar Slogohimo. Wonogiri. dengan didampingi Kapolres Wonogiri, AKBP. Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si. Dalam keterangannya, Kapolda akan menerjunkan Tim untuk Mengungkap Penyebab Kebakaran.

“Pasar merupakan Tempat untuk mencukupi Kebutuhan Masyarakat dan Hajat Hidup Orang banyak, Sekaligus juga Pusat Kegiatan Transaksi Masyarakat Tradisional, sehingga keberadaannya sangat penting, sekarang ini untuk Dugaan Penyebab kebakaran masih dalam Tahap Penyelidikan, kita masih akan Memeriksa Keterangan Saksi-saksi, olah TKP Guna memastikan ada tidaknya Unsur Kelalaian atau hal lainnya dari Peristiwa Kebakaran ini. Kita gunakan metode Scientific Investigation, dan nantinya dari Lapfor dan inafis akan melakukan olah TKP guna mengetahui Penyebab dan ada tidaknya Unsur Kelalaian dalam Peristiwa ini”. Ucap Irjen. Pol Ahmad Luthfi.

Sebagaimana diberitakan, Pasar Slogohimo mengalami Kebakaran pada Hari Kamis Petang. 28/9/2023. Kobaran Api diketahui Pertama Kali pada Pukul .16.00 WIB, hingga tadi Malam Pukul. 21.00 Wib, Api yang melalap Pasar Slogohimo sudah berhasil di padamkan, 8 Unit Mobil Pemadam Kebakaran dikerahkan untuk membantu mengatasi Kebakaran tersebut.

Beberapa Pedagang sempat menyelamatkan Barang Dagangannya, namun karena kencangnya tiupan Angin menyebabkan Puluhan Kios Pasar hangus dilalap Api, Cuaca yang begitu Terik dan Angin yang bertiup begitu kencang serta Bangunan yang sebagian besar terbuat dari Kayu membuat kobaran Api sulit dikuasai Petugas Pemadam. Sampai sejauh ini, diperkirakan sekitar 80 Kios/Los yang habis dilalap Api yang sebagian besar Kios Pakaian dan Sembako, Kerugian diperkirakan mencapai Rp. 4 Milyar.

Sementara Itu, kabidhumas Polda jateng, Kombes. Pol. Satake Bayu Setianto, S.I.K., M.Si., menghimbau Masyarakat maupun Pedagang untuk tetap tenang, Polri pastikan Penyelidikan terkait Penyebab Kebakaran dengan Transparan dan sesuai Fakta.

 “Jangan Terprovokasi Pihak-pihak tidak Bertanggungjawab yang akan membuat Gaduh maupun mengganggu Kamtibmas, Tetap berhati-hati dan Waspada apabila menerima Informasi maupun Aksi Penghasutan harap dicek dan kroscek ke Pihak Terkait, selain itu kita harus Waspada dan berhati-hati Sumber Api, jangan membakar Sampah sembarang dan cek ulang Jaringan Kabel-kabel Listrik yang memungkinkan terjadinya Konsleting”. Pungkas Kabidhumas. red.

Kabar Ngetren