Scroll untuk baca artikel
BeritaNewsTrending

Kogasudgab Siapkan Operasi Militer Perang dengan Gladi Posko

18
×

Kogasudgab Siapkan Operasi Militer Perang dengan Gladi Posko

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Jakarta – Langkah Kogasudgab dalam merencanakan operasi militer perang (OMP) diawali dengan pelaksanaan Gladi Posko selama empat hari. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Ambara Yudha Sekkau dan dihadiri oleh para pelaku, Tim Komando Latihan, serta unsur kendali operasi lainnya pada hari Selasa, (4/6).

Kogasudgab, singkatan dari Komando Gabungan Operasi Udara, merupakan satuan khusus yang bertujuan untuk melaksanakan operasi udara gabungan guna menghancurkan kekuatan militer musuh dan sekitarnya.

Tujuan lainnya termasuk merebut keunggulan udara, membatalkan niat musuh, serta membantu operasi Kogasgab lainnya demi mendukung tugas pokok Kogab TNI.

Baca Juga  Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polsek Mrebet Gelar Bakti Religi di Masjid Cheng Ho Purbalingga

Satuan Kogasudgab terdiri dari berbagai unsur satuan tugas seperti Satgas Hanud, Satgas Info, Satgas Intel, Satgas Komlek, Satgas Kesehatan, Satgas Khusus, Satgas Teritorial, Satgas Dukops, Satpes Angkut, Satpes Tempur, Satpes Heli, dan Satpes Intai.

Dalam Gladi Posko, dilaksanakan pula rapat penyusunan Analisa Tugas Pokok Operasi yang disampaikan oleh masing-masing staf. Hal ini termasuk perancangan cara bertindak (CB) I, II, dan III hingga mencapai CB terbaik sebagai bahan penyusunan Rencana Giban Barang (RGB) Satgas. Selanjutnya, akan dibuat rencana gerakan, rencana penempatan pasukan, serta rencana taktis produk-produk lainnya yang diperlukan untuk kebutuhan operasi militer.