Scroll untuk baca artikel
BanyumasLansiaNewsORARIPurwokertoTemu Kangen

Lansia Aktif ORARI Purwokerto Gelar Temu Kangen dan Nyanyian

2
×

Lansia Aktif ORARI Purwokerto Gelar Temu Kangen dan Nyanyian

Sebarkan artikel ini

Lansia Aktif ORARI Purwokerto Gelar Temu Kangen dan Nyanyian

Kabar Ngetren/BANYUMAS – Berbagai cara dapat dilakukan untuk menikmati masa tua. Sekelompok lansia berusia 60-90 tahun tetap aktif menjalani kehidupan dengan rajin bersilaturrahmi, beribadah, bermain dengan cucu, mengadakan temu kangen, reuni, dan berolahraga. Mereka juga tetap mengikuti hobi yang sudah digeluti sejak muda, yaitu dunia komunikasi dan teknik amatir radio.

Puluhan warga lansia dengan hobi komunikasi dan teknik radio, beberapa di antaranya masih aktif sebagai anggota ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia), dan ada juga yang telah menjadi simpatisan ORARI, akan berkumpul di Kota Purwokerto untuk mengikuti acara silaturrahmi dan temu kangen lansia yang pertama kali diadakan pada tahun 2023.
Salah satu panitia dan tuan rumah acara, yaitu FX. Suyanto (YC2GKO), menyampaikan informasi kepada media pada malam Kamis (27/07/2023). Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini akan berlangsung pada Minggu (30/07/2023), di rumah salah satu lansia, yang beralamat di Jl. Martadireja II Gang Merpati No. 5, Purwokerto. Kegiatan silaturrahmi ini akan dikemas dengan temu kangen dan nyanyi-nyanyi, penuh kebahagiaan dan kebersamaan yang akan dipandu langsung oleh Inisiator acara, kata Suyanto.
“Mengingat banyak manfaat yang diperoleh lansia dari berkumpul bersama keluarga, saudara, sahabat, dan teman, sistem imunitas lansia dapat meningkat. Lansia yang terkoneksi secara sosial, terutama dengan lingkungan sekitarnya, cenderung memiliki sistem imunitas yang lebih baik. Hal ini penting bagi lansia, karena umumnya sistem imunitas mereka lebih lemah dibandingkan dengan usia dewasa lainnya,” ungkapnya.
Selanjutnya, Suyanto menjelaskan bahwa kegiatan ini diinisiasi oleh Sudiyono (YC2AE, eks YC2VG), yang saat ini berusia 70 tahun, bersama Andy Istianto (YD2CTR, eks YD2GKK pada tahun 1985-an). Acara ini bermula dari sebuah juguran kecil beberapa bulan lalu, kemudian dibuatkan grup WhatsApp yang berisi nomor telepon sahabat dan teman lansia dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Tengah, jelas Suyanto.
“Hingga malam ini, sudah lebih dari 30 lansia dengan hobi komunikasi dan amatir radio yang menyatakan siap hadir dengan menuliskan CallSign yang masih aktif atau pernah dimilikinya, seperti YB2CGF, YC2GHR, YC2NQ, YD2DJB, YD2BHU, YB2BLA, YD2GDA, YD2LMU, YC2BEL, YB2DTC, YC2OBU, YC2LOZ, YD2BFP, YC2CRP, dan lainnya. Mereka berasal dari wilayah kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, dan Purworejo,” tambahnya.
“Semoga kita tetap sehat tanpa obat, semangat tanpa obat kuat, dan sampai bertemu di Purwokerto.” (Djarmanto-YF2DOI)
Kabar Ngetren