Scroll untuk baca artikel
Banjoemas History and Heritage CommunityBHHCKodim PurbalinggaNews

Markas Kodim Purbalingga Ditelusuri BHHC! Ada Apa, Simak Liputannya

3
×

Markas Kodim Purbalingga Ditelusuri BHHC! Ada Apa, Simak Liputannya

Sebarkan artikel ini

Markas Kodim Purbalingga Ditelusuri BHHC

Kabar Ngetren/PURBALINGGA – Sebagai salah satu aset bangunan cagar budaya yang ada di wilayah Kabupaten Purbalingga, Markas Kodim 0702/Purbalingga kembali dikunjungi Komunitas Pecinta Sejarah. 

Kunjungan kali ini datang dari BHHC (Banjoemas History and Heritage Community) yaitu komunitas pecinta sejarah dan peninggalan sejarah di wilayah eks Karesidenan Banyumas yang meliputi wilayah Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Cilacap. Hal ini dilakukan untuk telusuri sejumlah objek cagar budaya.
Puluhan peserta dari BHHC yang hadir disambut oleh Perwira Piket Kodim 0702/Purbalingga Kapten Arm Mindoko. 
Menurut Kapten Arm Mindoko dalam penjelasannya, Bangunan Kodim 0702/Purbalingga menurut catatan sejarah adalah Kantor Asisten Residen sekaligus rumah tinggal Assistent Resident dimasa pendudukan Belanda.
“Merupakan bangunan cagar budaya dimana diketahui sebagai Gedung Asisten Residen (AR) masa pendudukan Belanda, AR yang pernah menjabat di Purbalingga di antaranya keponakan dari Karl Marx yaitu Henri Eduard Benno (H.E.B) Schmalhausen Tahun 1899–1903, Ia tinggal di Purbalingga sebagai Assistent Resident yang merupakan jabatan tertinggi di wilayah setingkat kabupaten pada era Pemerintahan Kolonial Belanda,” jelasnya, Minggu, (9/7/2023).
Selanjutnya Jatmiko Wicaksono selaku Humas BHHC dengan membandingkan foto Gedung Asisten Residen Poerbolinggo atau saat ini menjadi Markas Kodim 0702/Purbalingga mengungkapkan jika kondisi bangunan masih sama dengan foto tempo dulu yang ia miliki.
“Secara umum masih terawat dengan baik bahkan masih sama dengan foto yang kami miliki, artinya bangunan masih lestari terawat,” ungkapnya. (SF)
Kabar Ngetren