Scroll untuk baca artikel
Ambang Batas SuaraDukungan OposisiErdoganKilicdarogluKoalisi PartaiNewsPartai Rakyat Demokratik (HDP)Pemilihan Presiden TurkiPolitik Kurdiputaran keduaSinan OganTrendingTurki

Pemilihan Presiden Turki Masuki Putaran Kedua: Erdogan vs Kilicdaroglu, Siapakah yang Akan Menang?

4
×

Pemilihan Presiden Turki Masuki Putaran Kedua: Erdogan vs Kilicdaroglu, Siapakah yang Akan Menang?

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Jakarta – Pemilihan Presiden Turki memasuki putaran kedua setelah Presiden petahana Recep Tayyip Erdogan tidak mencapai ambang batas 50% suara yang diperlukan. 

Erdogan meraih 49,86% suara, sedangkan Kilicdaroglu mendapatkan 44,38%. Sinan Ogan, kandidat ketiga, tereliminasi dengan hanya meraih 5,17% suara.

“Pemungutan suara akan dilanjutkan ke putaran kedua setelah tidak ada kandidat yang melampaui ambang batas,” kata sumber berita lokal Turki.

Meski demikian, Ogan diyakini dapat menjadi penentu dalam putaran kedua yang akan berlangsung pada 28 Mei mendatang. 

Hal ini karena kemungkinan besar ia akan mengalihkan dukungannya kepada Erdogan atau Kilicdaroglu, sehingga salah satu dari mereka akan memenangkan pemilihan.

Kilicdaroglu mewakili koalisi enam partai oposisi yang berbeda, semua berusaha menggantikan Erdogan. 

Ia didukung oleh Partai Rakyat Demokratik (HDP), yang berasal dari gerakan Kurdi Turki yang lebih luas dan dianggap sebagai sekutu politik Partai Pekerja Kurdistan (PKK) oleh kaum nasionalis seperti Ogan. (Maulana Yusuf)
Kabar Ngetren