Scroll untuk baca artikel
HeadlineKesehatanNews

Penyebab Kekurangan Vitamin D dan Akibatnya pada Tubuh Manusia

54
×

Penyebab Kekurangan Vitamin D dan Akibatnya pada Tubuh Manusia

Sebarkan artikel ini
Gambar oleh Silvia dari Pixabay

Kabar Ngetren – Vitamin D adalah nutrisi penting yang memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi otot. Namun, kekurangan vitamin D telah menjadi masalah kesehatan yang semakin umum di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa penyebab utama kekurangan vitamin D dan dampaknya pada tubuh.

Penyebab Kekurangan Vitamin D:

Paparan Sinar Matahari yang Kurang

Sinar matahari adalah sumber utama vitamin D bagi tubuh manusia. Namun, gaya hidup modern yang sering kali menghabiskan waktu di dalam ruangan atau penggunaan tabir surya yang berlebihan dapat menghalangi produksi vitamin D oleh kulit.

Polusi Udara

Penelitian telah menunjukkan bahwa paparan polutan udara dapat mengganggu produksi vitamin D dalam tubuh. Terutama di daerah perkotaan dengan tingkat polusi yang tinggi, risiko kekurangan vitamin D dapat meningkat.

Baca Juga  Babinsa Koramil 13/Nogosari Jalin Komsos dengan Warga Pengrajin Mebel

Diet yang Kurang Vitamin D

Beberapa makanan mengandung vitamin D, seperti ikan berlemak, telur, dan produk susu yang diperkaya. Orang yang tidak mengonsumsi cukup makanan ini atau memiliki diet yang rendah lemak mungkin berisiko mengalami kekurangan vitamin D.

Usia

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk menghasilkan vitamin D dari paparan sinar matahari menurun. Selain itu, orang tua cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, yang juga dapat meningkatkan risiko kekurangan vitamin D.

Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis, seperti penyakit celiac, penyakit hati, atau ginjal, dapat mengganggu penyerapan vitamin D oleh tubuh. Orang dengan obesitas juga mungkin memiliki kadar vitamin D yang rendah karena vitamin D dapat disimpan dalam jaringan lemak dan tidak bebas digunakan oleh tubuh.

Baca Juga  Bakti Sosial Prajurit Yonif 323/BP di Kampung Milawak Beoga

Akibat Kekurangan Vitamin D pada Tubuh:

Risiko Tulang Rapuh (Osteoporosis)

Vitamin D bekerja sama dengan kalsium untuk memperkuat tulang. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan fraktur tulang.

Masalah Kesehatan Mental

Penelitian telah menunjukkan hubungan antara kekurangan vitamin D dan masalah kesehatan mental seperti depresi, kecemasan, dan gangguan suasana hati.

Penyakit Autoimun

Kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1, lupus, dan rheumatoid arthritis.

Baca Juga  Pemkot Pangkalpinang Gelar Program P3PD Jadi Solusi Tingkat Kemiskinan Desa

Menurunnya Fungsi Kekebalan Tubuh

Vitamin D memainkan peran penting dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh yang sehat. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko infeksi dan penyakit.

Masalah Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Penting untuk diingat bahwa kekurangan vitamin D dapat diatasi dengan suplemen vitamin D, paparan sinar matahari yang cukup, dan konsumsi makanan yang kaya akan vitamin ini. Konsultasikan dengan profesional medis untuk penanganan yang tepat jika Anda mengalami gejala kekurangan vitamin D atau memiliki faktor risiko yang meningkat.

(Thid)

Kabar Ngetren