Scroll untuk baca artikel
NewsTrending

Personel Polisi Siaga di Kawasan Wisata Jawa Tengah saat Operasi Ketupat Candi 2023

5
×

Personel Polisi Siaga di Kawasan Wisata Jawa Tengah saat Operasi Ketupat Candi 2023

Sebarkan artikel ini

 

Kabar Ngetren/SEMARANG – Pada H+2 Idul Fitri, banyak wisatawan yang mengunjungi obyek wisata di Provinsi Jawa Tengah. Tak hanya wisatawan lokal, namun juga wisatawan mancanegara yang memadati obyek wisata seperti Pulau Karimun Jawa, Kawasan Dieng Wonosobo, serta beberapa pemandian dan candi di Klaten.

Kabidhumas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy, menjelaskan bahwa pihaknya telah memprediksi dan menyiagakan personel pengamanan terkait dengan membludaknya wisatawan ini.

“Dari 21 ribu personel yang disiagakan pada Operasi Ketupat Candi 2023, sebagian diantaranya dipindahkan untuk mengamankan obyek wisata. Semua obyek wisata dijaga, namun ada beberapa titik yang menjadi prioritas seperti kawasan Dieng, pantai Kartini dan pulau Karimun di Jepara, kawasan wisata candi di Klaten dan Magelang,” ungkap Kabidhumas pada Senin (24/4/2023).

Baca Juga  TNI dan Warga Bersatu dalam Kegiatan Komunikasi Sosial

Adapun sasaran pengamanan yang dilakukan pihak kepolisian, Kabidhumas menjelaskan bahwa pihaknya tidak hanya mengamankan kawasan wisata dari tindak kriminalitas.

“Personel juga ditugaskan mengamankan jalur ke arah obyek wisata termasuk membuat rekayasa lantas bila dibutuhkan. Selain itu, faktor keselamatan pengunjung juga kita prioritaskan. Untuk ini sudah dilakukan koordinasi dengan instansi terkait termasuk pengelola obyek wisata,” ungkapnya

Terkait pengamanan pengunjung di Karimun Jawa, Kabidhumas menandaskan sejumlah personel dan kapal Ditpolairud Polda Jateng sudah melakukan back up pengamanan.

Baca Juga  Babinsa Mendampingi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai di Desa Muara Muntai Ilir

“Adapun personel dari Polres Jepara yang terlibat operasi ada 264 orang. Sebagian sudah diperingatkan standby di pantai Kartini dan Karimunjawa,” ungkapnya.  Sedangkan terkait keramaian di wilayah Klaten, dirinya menyebut ada 9 kawasan wisata prioritas dan dijaga oleh 103 personel.

“Pada intinya semua personel sudah tergelar di seluruh kawasan wisata Jawa Tengah. Namun demikian kami meminta kerjasama para wisatawan untuk memprioritaskan keselamatan diri saat berwisata serta mematuhi arahan petugas di lapangan,” tutupnya. (efHA)

Kabar Ngetren