Scroll untuk baca artikel
BanjarnegaraFox HuntingNewsORARITeknologiTrending

Pesta Fox Hunting Terbesar di Indonesia!

5
×

Pesta Fox Hunting Terbesar di Indonesia!

Sebarkan artikel ini

Pesta Fox Hunting Terbesar di Indonesia!

Kabar Ngetren/Banjarnegara – Atlit ORARI (Organisasi Amatir Radio Indonesia) dari seluruh Indonesia berpartisipasi dalam lomba Fox Hunting Standar IARU di Banjarnegara. 

Lomba ini merupakan bagian dari kegiatan silaturrahmi dan gathering NCS (Net Control Station) call area 2 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Lomba ini diikuti oleh 22 anggota ORARI yang mewakili Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, dan Jawa Barat, dari total 31 anggota yang mendaftar.
Dalam pembukaan resmi lomba ini, Ketua DPP ORARI Daerah Jawa Tengah, Totok Sumangkar (YB2JNZ), mengibarkan bendera start sebagai tanda dimulainya acara. 
Lomba Fox Hunting ini bertujuan untuk mencetak atlit-atlit ARDF (Amateur Radio Direction Finding) potensial dari Jawa Tengah yang dapat berkompetisi dalam kejuaraan dunia ARDF. Sistem lomba menggunakan standar internasional IARU dan mengandalkan YH2AE ARDF Integrated System G2 Software.
Dalam lomba ini, terdapat lima FOX (stasiun target) yang disembunyikan oleh panitia. Peserta lomba harus mencari dan menemukan FOX-FOX tersebut dalam rentang waktu yang telah ditentukan. 
Setiap FOX akan memancarkan kode morse selama satu menit pada frekuensi yang sama secara berurutan dan bergantian, kemudian mati selama empat menit. Peserta lomba menggunakan antena dan peralatan elektronik buatan sendiri. 
Mereka bebas menentukan urutan FOX mana yang akan dicari terlebih dahulu, sehingga strategi permainan menjadi faktor penting dalam memenangkan lomba secara sportif.
Selain sebagai ajang pertemuan para amatir radio, lomba fox hunting ini juga melatih keterampilan para peserta dalam mengamankan frekuensi dari gangguan. Ketika ada gangguan frekuensi, anggota ORARI dapat langsung melacak dan menemukan sumber gangguan tersebut. 
Pemenang lomba ditentukan berdasarkan jumlah FOX yang berhasil ditemukan, waktu yang dibutuhkan, strategi, dan kebugaran fisik peserta. Para pemenang dalam lomba ini adalah Sigit Asihno (YC2KTM) yang berhasil menemukan 4 FOX dalam waktu 1 jam 13 menit 4 detik, Ade Saripudin (YD1PVC) dan Ida Nursidin (YD2BXL) yang keduanya berhasil menemukan 4 FOX dalam waktu 1 jam 18 menit 6 detik dan 1 jam 18 menit 58 detik secara berturut-turut.
Lomba fox hunting ini menjadi ajang yang menarik bagi anggota ORARI dalam mengasah keterampilan mereka dalam ARDF serta memperkuat ikatan antar anggota amatir radio di berbagai daerah Indonesia. (Shlh,dj, eFHa)
Kabar Ngetren