Scroll untuk baca artikel
News

Presiden Jokowi Ungkap Keberhasilan Indonesia di Kancah Internasional saat Upacara Hari Lahir Pancasila di Monas

9
×

Presiden Jokowi Ungkap Keberhasilan Indonesia di Kancah Internasional saat Upacara Hari Lahir Pancasila di Monas

Sebarkan artikel ini

 

Kabar Ngetren/Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta pada Kamis (1/6/2023). 

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengungkapkan betapa pentingnya ideologi Pancasila dalam meraih kesuksesan Indonesia di kancah internasional.

Dalam pidato yang disampaikannya, Jokowi menyatakan bahwa ideologi Pancasila telah membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui oleh dunia. 

Ia menyoroti prestasi Indonesia dalam menjadi tuan rumah Presidensi G20 yang sukses dilaksanakan serta kepemimpinan sebagai Ketua ASEAN di tahun 2023.

Baca Juga  Musrenbang Provinsi Maluku, Kemendagri Menetapkan Langkah Strategis Menuju Masa Depan Lebih Baik

“Ideologi Pancasila membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia. Prestasi sukses dalam menggelar Presidensi G20 dan menjadi Ketua ASEAN tahun ini merupakan bukti nyata bahwa Pancasila bukan hanya relevan bagi Indonesia, tetapi juga sangat penting bagi dunia,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi menegaskan bahwa Indonesia tidak dapat didikte oleh siapapun atau negara manapun. Negara ini siap memberikan kontribusi yang lebih besar bagi dunia.

Baca Juga  Diskusi Lintas Kementerian Fokuskan Upaya Mitigasi Dampak Kenaikan Permukaan Air Laut

“Indonesia adalah Indonesia yang tidak dapat didikte oleh siapapun, yang tidak dapat didikte negara manapun, namun siap selalu berkontribusi bagi dunia,” tegas Jokowi.

Upacara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta pejabat tinggi Polri lainnya.

Baca Juga  Ketum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa Gelar Open House Halal Bihalal di Surabaya

Dengan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dan dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, upacara Hari Lahir Pancasila di Monas ini menjadi momen yang penting untuk menggarisbawahi prestasi Indonesia dalam konteks internasional dan relevansi ideologi Pancasila dalam menjalankan kepemimpinan yang diakui dunia. (eFHa)

Kabar Ngetren