Scroll untuk baca artikel
BanyumasKarakter SiswaKedungbantengNewsPerjusaPramuka

SMP Negeri 4 Kedungbanteng Adakan Perjusa untuk Bangun Karakter Siswa

4
×

SMP Negeri 4 Kedungbanteng Adakan Perjusa untuk Bangun Karakter Siswa

Sebarkan artikel ini

SMP Negeri 4 Kedungbanteng Adakan Perjusa untuk Bangun Karakter Siswa

Kabar Ngetren/BANYUMAS – SMP Negeri 4 Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas menggelar upacara pembukaan prosesi penerimaan anggota penggalang yang dikemas dengan perkemahan Jum’at Sabtu (PERJUSA) Gerakan Pramuka Gugus Depan Banyumas 05.3475-05.3476, berlangsung di halaman sekolah pada Jum’at (28/07/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh pembina, pelatih, Dewan Kerja Ranting (DKR) Kedungbanteng, siswa-siswi baru, alumni, Pramuka Garuda SMPN 4 Kedungbanteng, serta undangan lainnya.
Ka Mabigus SMP Negeri 4 Kedungbanteng, yaitu Hena Fitriningsih, SP, S.Pd, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa. Menurutnya, melalui pramuka, generasi muda dapat tumbuh menjadi individu dengan karakter yang baik. Kegiatan pramuka ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan MPLSSB penerimaan siswa baru.
“Hal ini akan menghasilkan siswa yang berpribadi handal, baik dalam softskill maupun hardskill, serta tidak mudah putus asa,” ungkap Hena.
Lebih lanjut, Hena Fitriningsih menjelaskan bahwa Perjusa memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa baru menjadi penggalang. Selain itu, mereka juga akan mempelajari berbagai materi dan berlatih pramuka setiap hari Jumat di sekolah.
“Perjusa membantu membangun pribadi tangguh, mandiri, berketuhanan YME, disiplin, bergotong royong, dan mampu bekerjasama dengan para guru untuk memajukan sekolah ini dengan berbagai prestasi,” tandasnya.
Salah satu peserta Perjusa, Pipit Oktiyona Sara, yang juga merupakan ketua kelas 7C, berbicara kepada awak media di lokasi dan menyampaikan rasa terima kasihnya. Ia merasa sangat senang dan menemukan pengalaman yang menarik selama mengikuti Perjusa.
“Ini adalah pengalaman pertama bagi saya karena di SD sebelumnya belum ada Perjusa. Saya dan teman-teman semakin termotivasi dan bersemangat untuk terus berperan aktif dalam berlatih pramuka dan ikut berkontribusi dalam memajukan sekolah melalui kegiatan pramuka,” ujarnya.(Aulia/Djarmanto)
Kabar Ngetren