Scroll untuk baca artikel
NewsTrending

Tradisi Mudik Tak Hanya Ada di Indonesia, Ternyata Juga Ditemukan di Negara-negara Ini

7
×

Tradisi Mudik Tak Hanya Ada di Indonesia, Ternyata Juga Ditemukan di Negara-negara Ini

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren – Sahabat kabar ngetren, tradisi mudik atau pulang ke kampung halaman orang tua tak bisa dilepaskan dari perayaan idul fitri atau lebaran di Indonesia. 

Terutama ketika sudah memasuki pertengahan Ramadan, orang-orang sudah mulai memikirkan perencanaan mudiknya. Mulai dari berburu tiket, mempersiapkan baju lebaran, angpao untuk ponakan, dan tentunya kue-kue kering untuk disajikan di hari yang Fitri. 

Namun, siapa sangka ternyata tradisi pulang kampung di Indonesia ini juga ditemukan di berbagai negara lain.

Malaysia, mayoritas masyarakatnya juga memeluk agama Islam, sehingga tidak mengherankan jika mereka juga memiliki tradisi mudik saat perayaan Hari Raya Idul Fitri yang lebih populer dengan istilah “balik kampung”. Tradisi ini biasanya dimulai sejak satu minggu sebelum hari Lebaran tiba dan memiliki kemiripan dengan tradisi serupa di Indonesia.

Baca Juga  Cerpen : Dіjоdоhkаn Oleh Pасаrku Sеndіrі

Di Turki, tradisi mudik juga bisa ditemukan. Negara ini memiliki mayoritas masyarakat muslim, sama seperti Indonesia dan Malaysia. Mudik dilakukan oleh masyarakat Turki menjelang hari raya Idul Fitri, yang lebih populer disebut dengan istilah “seker bayram”. 

Selain untuk bersilaturahim dengan keluarga dan kerabat, mudik dilakukan oleh masyarakat Turki juga untuk berziarah. Bahkan, tradisi perziarah saat mudik ini membuat banyak pasar bunga bermunculan di berbagai daerah di Turki menjelang datangnya arus mudik.

Baca Juga  Cuaca Panas Melanda Indonesia: Apakah Ini Tanda Efek Global Warming yang Semakin Buruk?

Arab Saudi, negara dengan mayoritas penduduk Muslim, juga memiliki tradisi mudik yang identik dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri. 

Banyak perantau yang mulai pulang ke kampung halaman untuk berkumpul dengan keluarga menjelang hari raya, sedangkan rumah-rumah di kampung halaman juga dihias dan didekorasi meriah. 

Berbagai festival juga kerap diselenggarakan di daerah-daerah sehingga perayaan Idul Fitri dan tradisi mudik di Arab Saudi menjadi sangat meriah.

Baca Juga  Dugaan Ancaman Pembunuhan Terhadap Wartawan: Perangkat Desa Penuhi Panggilan Polres Indramayu

Tidak hanya di Indonesia, tradisi mudik atau pulang kampung juga ditemukan di negara-negara lain dengan mayoritas masyarakat muslim seperti Malaysia, Turki, dan Arab Saudi. 

Semoga tradisi ini tetap terjaga dan menjadi momen berbahagia bagi keluarga yang berkumpul kembali di kampung halaman. (Aris Mushofa)

Kabar Ngetren