Scroll untuk baca artikel
NewsTrending

YPI Al Azhar Gelar Shalat Idul Adha 1444 H

6
×

YPI Al Azhar Gelar Shalat Idul Adha 1444 H

Sebarkan artikel ini

YPI Al Azhar Gelar Salat Idul Adha 1444 H

Jakarta / Kabar Ngetren – Sebagian masyarakat muslim Indonesia melaksanakan sholat Idhul Adha pada hari ini 10 Zulhijah 1444 atau 28 Juni 2023.

Hal ini menunjukan kesamaan dengan Idhul Adha yang di laksanakan oleh jamaah Haji di Arab Saudi , mengingat hari Selasa kemarin jamaah Haji telah melaksanakan wukuf di Padang Arafah .

Salah satu tempat di wilayah jakarta selatan yang mengadakan Idhul Adha hari ini adalah Yayasan pesantren Islam Al Azhar, dimana Ribuan jamaah hadir memadati lapangan hijau depan masjid Al Azhar untuk melaksanakan sholat Idul Adha.

Baca Juga  Peduli Terhadap Pendidikan di Tapal Batas: Komitmen Pos Haumeniana di Tengah Cuaca Ekstrem

Terdata jumlah hewan kurban yang diperoleh YPI Al Azhar secara nasional berjumlah sapi 81 ekor , 735 ekor domba dengan sumber dari Sekolah,kampus LAZ dilingkungan YPI Al Azhar , dan Hewan kurban di bagikan di seluruh wilayah binaan YPI Al Azhar.

Masjid agung Al Azhar melaksanakan pemotongan hewan kurban dijadwalkan Kamis , 29 Juni 2023 .

Khutbah Idhul Adha di masjid Al Azhar di isi oleh Ustadz Prof Dr Jimly Asshiddiqie SH dan imam oleh ustadz Akhmad Khotib SQ MH.

Baca Juga  Baznas Banyumas Terus Lakukan Edukasi dan Bentuk UPZ di Masyarakat

Dalam khotbahnya beliau menerangkan bahwa pusat ibadah haji adalah di Arafah dan al azhar mengikuti Ulil Amri dalam penetapan hari raya idul Fitri namun untuk idul Adha patokannya adalah sehari setelah jamaah haji wukuf di Arafah. 

Harapannya pada para Ulil Amri internasional dalam OKI (organisasi konferensi Islam ) dapat menyatukan hari rayanya menjadi sama dan serentak setelah memiliki kalender sendiri.

Idhul Adha mengajarkan kita untuk berkorban, untuk berbagi , hidup jangan dijadikan orientasinya menuntut dan meminta kepada orang lain ,berbagilah dengan semangat berkorban.

Sebagaimana dicontohkan oleh nabi Ibrohim menyembelih Ismail yang kemudian di ganti Domba yang dagingnya di bagikan ke masyarakat , sehingga Idhul Adha adalah hari yang berbahagia dengan membahagiakan orang lain .
Penulis : Haris Mustofa
Kabar Ngetren