Scroll untuk baca artikel
BanyumasIndonesia Award 2023: Ajang Kreativitas Amatir RadioNews

Indonesia Award 2023: Ajang Kreativitas Amatir Radio

6
×

Indonesia Award 2023: Ajang Kreativitas Amatir Radio

Sebarkan artikel ini

Indonesia Award 2023: Ajang Kreativitas Amatir Radio

Kabar Ngetren/BANYUMAS – Pengurus ORARI Pusat periode bakti 2021-2026, Ketua Bidang Operasi dan Teknik (KBOT) Djoko Marjono Susilo (YB1TJ), bersama dengan Sekretaris Jendral Yusuf Budhyanto (YB3DY), mengadakan rapat koordinasi melalui zoom meeting untuk membahas kesiapan pelaksanaan Indonesia Award 2023 pada Senin malam (07/08/2023).

Rapat tersebut dihadiri oleh beberapa anggota pengurus ORARI Pusat, antara lain, Mohammad Hambali (YC0RXI) dari biro administrasi keanggotaan, Don Mery (YD1DNR) dari biro hubungan masyarakat, H.R. Ginanjar Taufiq (YB0GIN) dari bagian kegiatan amatir radio, serta Prasetyo Rahastu (YD3AMT) yang bertanggung jawab atas unsur IT. Turut hadir juga beberapa ketua dan perwakilan pengurus ORARI Daerah dari seluruh Indonesia.
Sekretaris Jendral Yusuf Budhyanto (YB3DY) secara resmi membuka rapat dengan Basmallah, dan menyampaikan arahannya serta tujuan dari rakor ini. Tujuan rapat koordinasi ini adalah untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan terkait Indonesia Award 2023 dapat berjalan lancar sesuai dengan maksud dan tujuan yang diharapkan. Yusuf Budhyanto juga mengatur koordinator call area, di mana setiap call area terdiri dari beberapa ORARI Daerah.
“Sesuai dengan petunjuk dari ketua umum, ORARI diinstruksikan untuk aktif berperan dalam memperingati dan menyemarakkan HUT RI ke-78 dengan menggaungkan hari Kemerdekaan RI di seluruh pelosok tanah air, baik di tingkat nasional maupun dunia internasional,” ungkapnya.
Yusuf Budhyanto (YB3DY) atas nama ORARI Pusat menyampaikan harapan besar bahwa kegiatan Indonesia Award 2023 akan diikuti oleh seluruh anggota ORARI dan amatir radio di negara lain, serta menjadi daya tarik bagi masyarakat umum yang belum mengenal ORARI. Beliau menunjuk YB1TJ sebagai pimpinan rapat koordinasi zoom ini.
Ketua Bidang Operasi dan Teknik (KBOT) Djoko Marjono Susilo (YB1TJ) mengingatkan kembali bahwa dalam rangka memperingati HUT RI ke-78, Organisasi Amatir Radio Indonesia akan mengadakan kegiatan Indonesia Award 2023 mulai dari tanggal 12 Agustus 2023 Pukul 00.00 UTC hingga tanggal 20 Agustus 2023 Pukul 23.59 UTC.
“Kegiatan ini bukanlah lomba, diulangi, bukan lomba. Namun, seluruh anggota ORARI akan bersama-sama memperingati dan menyemarakan HUT RI ke-78,” tegasnya.
Ketua Panitia Pelaksana, H.R. Ginanjar Taufiq (YB0GIN) dari Bagian Kegiatan Amatir Radio, menjelaskan bahwa kegiatan ini akan berbentuk special event station (SES), dengan memancarkan stasiun-stasiun khusus yang dimulai dari Call Area 0, 1, 2 hingga 9, dengan mode Phone (SSB), CW, FT8, RTTY, dan SATELIT (FM), khusus 8I78RI hanya menggunakan FM dan pada VHF Teresterial.
“Ketua dan pengurus daerah diharapkan menjadi penggerak, penyemangat, dan koordinator bagi para anggota ORARI di wilayahnya, dengan mengikuti petunjuk pelaksanaan kegiatan yang dapat ditemukan di https://orari.or.id/event/indonesia-award-2023/ ,” tambahnya.
Para peserta rapat menunjukkan antusiasme tinggi dan saling bertanya, dengan cepat dijawab oleh para pemimpin rapat yang didukung oleh para pengurus ORARI Pusat. Beberapa call area sudah memiliki penanggung jawab dan koordinatornya masing-masing, sehingga diharapkan tujuan bersama dalam kegiatan ini dapat tercapai.
Acara ditutup secara resmi oleh YB3DY dengan Hamdallah, serta mengingatkan semua peserta untuk tetap menjaga kesehatan. Hasil rapat yang lebih rinci dapat dilihat kembali di https://www.youtube.com/watch?v=Q_hcbpokhVw (Djarmanto-YF2DOI).
Kabar Ngetren