Scroll untuk baca artikel
News

JAM-Datun Ajak Tingkatkan Kapasitas dan Kerjasama dalam Joint Training

4
×

JAM-Datun Ajak Tingkatkan Kapasitas dan Kerjasama dalam Joint Training

Sebarkan artikel ini

Kabar Ngetren/Jakarta – Wakil Jaksa Agung Dr. Sunarta memberikan sambutan yang inspiratif pada acara Joint Training antara Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (JAM DATUN) dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Acara tersebut digelar di Aula Gedung JAM DATUN yang dipadati oleh para pemangku kepentingan dalam dunia hukum. Jum’at, 15/3.

Dalam sambutannya, Wakil Jaksa Agung menggarisbawahi urgensi kepastian hukum sebagai fondasi masyarakat yang adil dan makmur. Beliau menyoroti peran krusial Kejaksaan dalam penegakan hukum yang tidak hanya menitikberatkan pada penindakan, tetapi juga pada pencegahan. Sejalan dengan upaya pembangunan pemerintah, Wakil Jaksa Agung menyatakan bahwa pertumbuhan besar-besaran baik secara kuantitatif maupun kualitatif akan membawa implikasi permasalahan hukum, termasuk sengketa perdata dan tata usaha negara.

“Tantangan ini menjadi momentum bagi Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara untuk menjalankan peran strategisnya melalui pemberian pendapat hukum, pendampingan hukum, dan audit hukum secara komprehensif guna mencegah potensi penyimpangan dalam proses pembangunan,” ungkap Wakil Jaksa Agung.

Wakil Jaksa Agung juga menekankan bahwa saat ini Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara memiliki peran vital dalam pencegahan pelanggaran hukum, tidak hanya dalam aspek korupsi, tetapi juga dalam upaya mencegah pelanggaran hukum lainnya serta tumpang tindih regulasi.

Mendukung peran tersebut, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2021 secara tegas memberikan ruang untuk penguatan bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, termasuk memberikan kewenangan untuk memberikan pertimbangan dalam bidang hukum kepada Presiden dan Instansi Pemerintah lainnya.

Wakil Jaksa Agung menegaskan perlunya peningkatan kapasitas dan kapabilitas personal dalam menghadapi dinamika hukum global dan lokal. Dalam konteks ini, ia menyambut baik adanya dukungan dari berbagai pihak.

Melalui kegiatan joint training ini, Wakil Jaksa Agung berharap agar Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara bersama PT Perusahaan Gas Negara Tbk dapat meningkatkan pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat dan negara. Selain itu, ia berharap agar kerjasama antara Kejaksaan RI dan PT Perusahaan Gas Negara Tbk dapat menjadi contoh bagi kerjasama dengan pihak lainnya.

Sambutan Wakil Jaksa Agung ditutup dengan pesan kepada seluruh jajaran bidang Perdata dan Tata Usaha Negara untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, karena peningkatan kapasitas merupakan kunci utama dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan pengabdian kepada negara. eFHa. 

Kabar Ngetren